Aktivis Kampus Libur Kuliah

Oleh Moh. Ikhwan Ismail*

Libur kuliah, waktu yang sangat dinanti oleh sebagian besar mahasiswa. Bagaimana tidak, setelah kurang lebih 6 bulan memeras otak dibangku kuliah, bertemu dosen yang kiler, tugas yang  menumpuk bahkan putus nyambungnya percintaan. Inilah saatnya pulang ke kampung halaman. Istirahatkan otak, lupakan dosen kiler, tugas, dan si Dia yang sudah ba PHP kau.

Pertanyaannya kemudian bagaimana nasib para aktivis kampus (katanya)? Libur berarti kampus bubar untuk sesaat. Suara lantang nan keras yang meneriakan kepentingan, ketertindasan, dan kesejahteraan rakyat, serta suara yang menggemakan perubuhan (katanya) kini tidak akan dikumandangkan lagi di dalam kampus. Soalnya siapa yang mau dengar? masyarakat kampus pulang kampung semua.

Mungkin saatnya teriakan-teriakan suci para aktivis akan diuji oleh Tuhan. Hanya ada dua jawaban apakah membuat yang mereka suarakan menjadi nyata? atau menjadikannya sebatas omong kosong belaka? atau yang lebih kita kenal dengan ‘Konga’. Maksudnya apakah mereka akan pulang ke kampung masing-masing lalu membuat perubahan di sana dengan aksi nyata? Ataukah pulang ke kampung lalu melakukan makan tidur di sana? Atau bahkan tetap tinggal di ibu kota lalu baku kurung di Kos? Hanya waktu yang tau.

Saya bukan aktivis tapi harapannya gelar “Aktivis” bukan melekat kepada mereka yang hanya sering nongkrong ngopi bersama Aktivis sesungguhnya, atau yang satu oraganisasi dengannya atau bahkan yang sering ikut-ikutan Demo biar dibilang aktivis. Sampe hari ini saya masih memandang bahwa gelar “Aktivis” adalah sakral dan penuh tanggung jawab kepada rakyat, tapi sangat di sayangkan ada juga yang “Murtad” dari aktivis.

“Demonstrasi akan tetap hidup karena dia adalah batu tapal daripada perjuangan mahasiswa Indonesia, batu tapal dalam revolusi indonesia, dan batu tapal dalam sejarah indonesia. Karena yang dibela adalah kebenaran dan kejujuran” GE..

Penulis adalah mahasiswa semester delapan jurusan Ekonomi Syariah (ESy) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *