Home Berita Bangun Semangat Pendidikan, HMJ MPI Kunjungi Desa Kaliburukata

Bangun Semangat Pendidikan, HMJ MPI Kunjungi Desa Kaliburukata

0
0

LPMQALAMUN.id – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu mengunjungi masyarakat desa Kaliburukata, kabupaten Donggala, Senin (31/7/2017). Hal ini dilakukan untuk membangun semangat pendidikan masyarakat di desa tersebut.

FOTO BERSAMA. Pengurus HMJ MPI IAIN Palu berfoto bersama anak-anak desa Kaliburukata, kabupaten Donggala, Senin (31/7/2017). (LPMQALAMUN.ic/ISTIMEWA)

Menurut ketua HMJ MPI, Agus Prastiyo mengatakan masyarakat di desa tersebut punya keinginan besar akan dunia pendidikan. “Pendidikan bagi mereka itu sangat penting, sebagaimana penuturan dari masyarakat, kepala dusun, maupun adik-adik yang kami sempat tanyakan. Hal itu karena mereka ingin lebih mengetahui dunia pendidikan,” ujarnya saat ditemui LPMQALAMUN.id.

Ia mengatakan dengan adanya pendidikan bisa menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter, sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita-cita yang diharapkan. Juga, katanya mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di berbagai lingkungan.

“Karena pendidikan memotivasi untuk menjadi lebih baik dalam segala aspek,” katanya.

Adapun rangkaian kegiatan mereka di desa tersebut, katanya yakni pemberian sumbangan berupa pakaian layak pakai, Alat Tulis Kantor (ATK), serta kegiatan pengajaran dan bimbingan terhadap anak-anak desa Kaliburukata berupa mengaji, membaca, menulis, serta salat.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap semoga para masyarakat dan anak-anak desa Kaliburukata terus memiliki semangat dalam mengemban ilmu pendidikan. Jangan putus asa, katanya meskipun berada di daerah pedalaman.

“Sedangkan untuk para pemerintah, harus membuka mata lebih luas dan memperhatikan adanya sekolah-sekolah di daerah pedalaman. Selain itu menyiapkan tenaga pengajar yang betul-betul ingin mengabdi untuk mereka, karena notabenenya mereka sangat membutuhkan,” jelasnya.

Ia juga berharap kepada pemerintah agar dibuatkannya sekolah yang layak bagi masyakat desa tersebut dan dikirimkannya tenaga pengajar yang professional memenuhi standar unggul seperti di berbagai sekolah yang ada di desa-desa ataupun kota. (IIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.