Harga Pangan di Palu Aman Terkendali

LPMQALAMUN.id– Dalam rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu pada Senin (28/8/2017), terungkap dalam sebulan terakhir ini harga-harga komoditas pangan strategis masih terkendali dengan ketersediaan yang cukup.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah yang mencatat harga komoditas tanaman pangan di Kota Palu akhir bulan Agustus 2017 masih cenderung stabil di tingkat pedagang.

Dilansir dari Antarasulteng.com, Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan, Marini mengungkapkan bahwa hasil pangan seperti bawang merah, cabai rawit dan kelompok palawija termasuk jagung kuning kering, kedelai, kacang tanah, kacang hijau ubi kayu dan ubi jalar cenderung stabil dan tidak  ada perubahan kecuali pada  cabai keriting.

“Hanya komoditas cabai keriting mengalami penurunan Rp. 4 ribu jika dibandingkan dengan harga pekan lalu,,” ungkapnya.

Untuk harga cabai keriting untuk  pekan ini  menurutnya, harganya menyentuh  Rp. 20 ribu per kilogram, sedangklan pada pekan sebelumnya Rp. 24 ribu per kilogramnya.

Kemudian untuk beras, harga beras premium  Rp. 10.500 per kilogram dan beras medium seharga Rp. 9.500 per kilogram.

Juga pada rapat TPID Sulteng itu menghasilkan beberapa kesepakatan yang akan ditindak lanjuti seperti pendataan pelaku usaha yang terlibat dalam distribusi bahan pangan, pengawasan perdagangan antar provinsi secara lebih ketat. (SDQ)

Sumber antarasulteng.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *