Ini Makna Sapaan Akrab Maba Saat PBAK

LPMQALAMUN.id – Bergantinya nama Orientasi Pengenalan Akademik Kampus (OPAK) menjadi Pengenalan Budaya dan Akademik Kampus (PBAK), berdampak pula pada berubahnya sapaan akrab Mahasiswa Baru (Maba) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu 2017.

Sebelumnya Maba akrab disapa dengan sebutan ‘OPAKAWAN’ yang ditujukan kepada laki-laki dan ‘OPAKAWATI’ yang ditujukan kepada perempuan. Namun pada PBAK 2017 sapaan itu berganti menjadi ‘PBAK Huwa’ untuk laki-laki dan ‘PBAK Hiya’ untuk perempuan.

Menurut Korum PBAK, Mubin mengatakan perubahan sapaan ini didasari atas beberapa pertimbangan. “Pertimbangan pertama, memang nanti tahun ini perubahan pengalihan kata OPAK ke PBAK. Kalau dulunya menggunakan OPAKAWAN atau OPAKAWATI dan kalau kita ikuti PBAKAWAN atau PBAKAWATI sangat ribet penyebutannya,” ujarnya kepada LPMQALAMUN.id belum lama ini.

Akhirnya, katanya ia bersama wakorum berinisiatif untuk merubah sapaan tersebut. Ia mengatakan sempat ada usulan sapaan Maba menggunakan bahasa Inggris ‘PBAK He’ untuk laki-laki dan ‘PBAK She’ untuk perempuan.

Karena kata ‘He dan She’ hampir sama menggunakan intonasi ‘E’ di akhir penyebutan, lanjutnya tentu tidak terlalu kentara perbedaannya apalagi menggunakan pengeras suara.

“Dan akhirnya saya pakai dari bahasa Arab menggunakan ‘PBAK Huwa’ dan ‘PBAK Hiya’ penyebutannya jelas dibedakan. Saya sempat berfikir itu unik. Kampus kita lebih dikenal pasti dengan agama Islamnya, apalagi kalau kita tahu bersama Islam lebih identik dengan ke-arab-araban. Bukan berarti keseluruhannya harus ke-arab-araban, tetapi kita lebih populerkan ciri khasnya,” jelasnya.

Kalau bahasa Inggris, lanjutnya kampus pada umumnya ada, apalagi kampus yang bukan bercirikan Islam. Kita pun, katanya juga punya tadris bahasa Inggris, tetapi kalau kampus umum jarang ada bahasa Arabnya. “Makanya ini menjadi perbedaan mungkin antara kampus kita dengan kampus-kampus yang lain,” tutupnya. (IIM)

2 thoughts on “Ini Makna Sapaan Akrab Maba Saat PBAK”

  1. Assalamualaikum.
    Maaf koreksi sedikit, menurut saya pada paragraf ke empat di awal kalimat akan lebih efektif jika penggunaan kata ‘Katanya’ dihilangkan karena merujuk pada kata sebelumnya ‘Akhirnya’ sehingga kedengarannya seperti ada pemborosan kata ‘Nya’ yang beruntutan. Terima kasih
    Wassalam.

  2. Assalamualaikum.
    Maaf koreksi sedikit, menurut saya pada paragraf ke empat di awal kalimat akan lebih efektif jika penggunaan kata ‘Katanya’ dihilangkan karena merujuk pada kata sebelumnya ‘Akhirnya’ sehingga kedengarannya seperti ada pemborosan kata ‘Nya’ yang beruntutan. Terima kasih.
    Wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *