Home Berita Jelang Idul Adha, Pesanan Hewan Kurban Meningkat

Jelang Idul Adha, Pesanan Hewan Kurban Meningkat

2
0

LPMQALAMUN.id- Mendekati perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 H yang jatuh pada  1  September 2017 nanti, jumlah transaksi jual beli hewan kurban terus mengalami peningkatan.

Dilansir dari Antarasulteng.com,  harga sapi dan kambing saat ini cukup berfariasi. Untuk sapi, berkisar Rp. 8 juta sampai Rp. 30 juta per ekornya sesuai berat badannya. Sementara harga kambing sendiri mulai dari Rp. 750 ribu sampai Rp. 3 juta per ekornya.

Syahril, Salah seorang pedagang  hewan kurban mangakui, bahwa menjelang  hari Raya Idul Adha tahun  ini  ia menerima banyak pesanan,  “Ya lumayan ramai permintaan hewan kurban,” ungkapnya beberapa  waktu lalu.

Ia mengakui, bahwa ia hanya menyediakan sapi yang akan dijual kepada konsumen. Karena menurutnya, hewan kurban yang ia jual,  selama ini  ia beli dari petani yang ada di sejumlah kabupaten di Sulawesi Tengah.

Untuk pendapatan dari hasil  bisnis tersebut Syahril  enggan untuk memberi komentar, kecuali mengatakan, bahwa hasil tersebut  cukup lumayan  untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, termasuk biaya sekolah anaknya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rum,  yang juga merupakan pedagang hewan kurban di Biromaru, Kabupaten Sigi. Ia  membenarkan untuk  sepekan ini permintaan hewan kurban  khususnya sapi meningkat dari sebelum-sebelumnya dan ia hanya menjual sapi jantan. “Ya sapi yang diperjual-belikan, semuanya sapi jantan,” kata dia.

Dan Khusus sapi betina,  oleh pemerintah melarang untuk disembelih   karena dapat menurunkan tingkat populasi ternaknya  pada tahun 2017,  sebab  akan menggangu jumlah  target  sapi betina bunting dengan skala 50.000 ekor. (SDQ)

Dilansir dari antarasulteng.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.