Home Berita Momen Pemilihan Rektor, Mahasiswa Pernah Naik Derajat

Momen Pemilihan Rektor, Mahasiswa Pernah Naik Derajat

2
0

LPMQALAMUN.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu pada tahun ini, untuk pertama kalinya mengadakan pemilihan rektor sejak beralih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Datokarama Palu.

Sebagaimana diketahui pemilihan rektor kali ini berbeda dengan pemilihan rektor sebelumnya yang mengacu pada PMA Nomor 68 tahun 2015 tentang Pedoman Penjaringan, Pemberian Pertimbangan, dan Pengisian Jabatan Rektor atau Ketua Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri se-Kementerian Agama.

Menurut Rektor IAIN Palu sekaligus salah satu calon, Zainal Abidin mengatakan pada pemilihan rektor beberapa tahun lalu, melibatkan semua unsur yang ada di lembaga termasuk mahasiswa ikut memilih.

“Sejak STAIN, kalau tidak keliru 2002 ke 2006 semua unsur dilibatkan termasuk mahasiswa ikut memilih. Sehingga waktu itu mahasiswa naik dia punya derajat, ujarnya, Senin (5/9/2017).

Ia mengatakan saat itu demi memperoleh suara, para mahasiswa diajak minum kopi dan ditraktir, bahkan ada yang dijemput di indekosnya.

Akan tetapi, katanya pada periode 2006-2010 ada perubahan, pemilihan ketua STAIN tidak lagi melibatkan mahasiswa hingga periode 2010-2014 itu hanya dipilih anggota senat.

“Jadi ada pemberian visi misi dalam rapat senat terbuka. Semua calon diberi kesempatan. Lalu pada saatnya dipilih oleh anggota senat,” katanya.

Pada pemilihan rektor kali ini, Senat tidak lagi berwenang untuk memilih calon rektor. Akan tetapi hanya melakukan penjaringan secara administratif untuk diusulkan ke tim seleksi yang dibentuk oleh Menteri Agama. (SDQ/RMD)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.