Zainal: Saya Ingin Mahasiswa IAIN Berfikir Luas dan Luwes

LPMQALAMUN.id – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Prof Dr Zainal Abidin mengungkapkan keinginanannya kepada mahasiswa agar memiliki pandangan yang luas dan luwes.

Hal itu disampaikannya dalam pembukaan Kuliah Umum Tahun Akademik 2017-2018 di auditorium IAIN Palu, pada Kamis (7/9/2017).

“Saya ingin mahasiswa IAIN cara berfikirnya itu luas dan luwes, tidak serta merta kaku,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa ada orang yang salah memahami kata-kata Islam kaffah, seperti orang yang selalu memberi salam dimana saja termasuk kepada non muslim.

Menurutnya, Islam kaffah itu artinya melaksanakan ajaran Islam sesuai dengan kaidah ajaran Islam, seperti tidak berpuasanya orang yang sedang sakit.

Pada kesempatan itu juga ia menghimbau kepada Mahasiswa Baru ketika mempelajari aliran Islam, agar mempelajarinya dengan baik dan benar serta secara utuh.

“Kalau orang tidak memahami aliran agama, paham agama secara utuh, benar dan baik maka dia tidak toleran,” ungkapnya.

Sehingga bagi Zainal, orang yang dikatakan memiliki wawasan yang luas adalah orang yang tidak menjelek-jelekan pandangan orang lain, karena ia paham bahwa hal tersebut ada alirannya.

Ia juga mengecam keras akan hadirnya aliran-aliran radikal dan paham -paham yang menentang ideologi Pancasila di lingkungan IAIN Palu. (SDQ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *