Mahasiswa FTIK Keluhkan Keterlambatan Jadwal Mata Kuliah

LPMQALAMUN.id – Tak sedikit mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu mengeluhkan keterlambatan jadwal mata kuliah. Sebagaimana diketahui masuknya semester ganjil 2017-2018 sejak Kamis (7/9/2017) lalu yang ditandai dengan pelaksanaan Kuliah Umum.

Menurut salah satu mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) semester V, Yasin Bata mengatakan terlambatnya jadwal ini berakibat pada keresahan di diri mahasiswa. “Ada tiga faktor yang membuat kami resah,” ujarnya kepada Qalamun belum lama ini.

Faktor tersebut antara lain, katanya pertama ini akan berdampak pada ujian semester yang akan lambat pula pelaksanaannya. Kedua, resah melihat teman-teman sesama mahasiswa yang terpontang-panting kebingungan karena belum ada kepastian keluarnya jadwal mata kuliah. Ketiga, keterlambatan ini akan berdampak terhadap popularitas FTIK.

Saat dikonfirmasi, Dekan FTIK, Sagir Amin mengatakan keterlambatan jadwal ini bukan karena disengaja, akan tetapi merupakan faktor kehati-hatian pihak fakultas. “Biasanya ada dosen mendapatkan mata kuliah yang tidak serumpun, mencari pengganti dosen LB (Luar Biasa, red) yang keluar maupun dosen pension, dan mengatur jumlah SKS (Satuan Kredit Semester, red) dosen FTIK yang dipakai fakultas lain,” katanya.

Ia mengatakan sampai saat ini belum ada koordinasi dari fakultas lain dalam pembuatan jadwal dan mengatur banyaknya jumlah mahasiswaa dengan jumlah kelas yang tersedia. “Jangan anda bayangkan mudah mengatur jadwal, susah. Sekali lagi jangan sama sekali anda bayangkan mudah membuat jadwal,” tegasnya.

Pada FTIK, katanya memang tidak bisa lebih cepat dari fakultas lain dalam pembuatan jadwal mata kuliah. Menurutnya itu dikarenakan adanya tumpang tindih dari tenaga pengajar. “Jadwal akan keluar minggu ini,” tutupnya. (KEIY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *