HMJ BKI Bangun Solidaritas antar Maba dengan Ta’aruf

LPMQALAMUN.id – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan Konseling Islam (BKI) membangun solidaritas antar Mahasiswa Baru (Maba) dengan melaksanakan Ta’aruf.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (23/9/2017) hingga Minggu (24/9/2017) di desa Pulu, kecamatan Dolo Selatan, kabupaten Sigi ini bukan hanya melibatkan Maba, tetapi juga melibatkan mahasiswa lama jurusan BKI.

Menurut Ketua Jurusan BKI, Wahidah mengatakan Ta’aruf ini mengajarkan pentingnya kebersamaan antar Maba dengan seniornya, serta bisa menjalin silaturahmi yang baik antar sesama.

“Agar mahasiswa jurusan BKI betul-betul saling mengenal satu sama lain sehingga Mahasiswa Baru tidak buta informasi dan bisa bertanya,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, para mahasiswa diberikan materi seputar BKI yang sebenarnya serta tentang dinamika organisasi seperti metode persidangan, sejarah pergerakan mahasiswa, manajemen organisasi, dan berbagai games.

Ketua HMJ BKI, Aini mengatakan hal tersebut dilakukan agar terbentuknya pemikiran mahasiswa yang berkarakter kritis, idealis, dan mampu mempertanggung jawabkan perbuatan yang dilakukan demi bangsa dan agama.

“Saya berharap Ta’arufan jurusan Bimbingan Konseling Islam ini tidak berakhir sampai masa jabatan saya, serta menjadikan kegiatan ini sebagai Program Wajib,” katanya.

Kegiatan perdana tersebut berpusat di rumah adat rakyat, Baruga yang bertemakan “Meningkatkan Solidaritas Mahasiswa BKI melalui Ta’aruf Jurusan”.

“Saya juga harap jurusan BKI bisa menjadi contoh atau teladan dalam melaksanakan kegiatan di IAIN Palu dan khususnya di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), karena kami mahasiswa Bimbingan Konseling Islam mempunyai Motto Mengatasi Masalah Tanpa Masalah,” harapnya.

Sementara itu salah satu peserta Ta’aruf BKI, Risfa Gusnur menilai kegiatan ini sangat efisien untuk membangun rasa solidaritas dan saling mengenal antar mahasiswa BKI. Menurutnya, jika tidak ada kegiatan ini, ia selaku Maba tentunya merasa canggung dengan para senior lainnya. (Mg. AWR, Mg. RDY)

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *