MEC Indonesia, Belajar Bahasa Inggris Ala Kafe

LPMQALAMUN.id – Tak sedikit orang merasa kesusahan dalam memahami bahasa Inggris. Hingga bahasa internasional tersebut enggan untuk dipelajari bahkan dikuasai.

Padahal, bahasa ini amat penting di segala lini kehidupan kita. Khususnya bagi para wisudawan muda Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu yang akan melanjutkan studinya ke kampus-kampus terkenal dalam negeri ataupun luar negeri.

Sejalan dengan itu, tempat-tempat bimbingan belajar bahasa Inggris pun terus bermunculan. Ada yang formal bahkan nonformal dengan menawarkan berbagai konsep, agar bahasa tersebut mudah untuk dikuasai.

Salah satu tempat yang menawarkan bimbingan belajar bahasa Inggris di kota Palu, yakni MEC Indonesia cabang Palu. Salah satu keunikan di tempat ini yakni belajar bahasa Inggris ala Kafe.

“Kita brandingnya sebenarnya, tempat nongkrong yang beredukasi. Jadi bukan hanya sekedar nongkrong sambil minum kopi, tetapi pengunjung juga bisa melatih bahasa Inggrisnya,” ujar Manager MEC Indonesia cabang Palu, Risno saat ditemui beberapa waktu lalu.

Salah seorang lulusan IAIN Palu pada 2014 tersebut mengatakan, dengan konsep belajar ala kafe ini suasana memperdalam bahasa Inggris jadi lebih santai.

Dengan hanya memesan salah satu menu yang ada di MEC, katanya para pelanggan sudah bisa belajar sambil praktek berbahasa Inggris melalui diskusi-diskusi yang diadakan tiap malamnya.

Dalam memesan menu pun sebenarnya pihak MEC mewajibkan pelanggannya menggunakan bahasa Inggris. Akan tetapi, menurut Risno sementara ini pihaknya dalam masa penyesuaian mengajak para pelanggan untuk menggunakan bahasa Inggris.

“Karena kalau kita pakai bahasa Inggris secara konsisten, pelanggan malah pulang semua,” katanya.

Ia mengatakan jika pelanggan ingin lebih mendalami bahasa Inggris, mereka punya paket belajar yakni Silver dan Junior dengan menjadi member MEC. Pertemuannya, katanya tiap pekan dua kali yang dibimbing langsung oleh para trainer.

Paket Silver diperuntukkan bagi para pelajar SMA dan masyarakat secara umum. Sementara paket Junior diperuntukkan bagi para pelajar SMP.

Ia mengatakan biaya daftar paket Silver sebesar Rp 4 juta sekali daftar untuk belajar satu tahun. Dengan garansi sampai bisa.  “Kalau tidak bisa-bisa itu diulang-ulang,” ungkapnya.

Menurutnya, kafe yang telah berdiri sejak 2011 silam di kota Makassar, Sulawesi Selatan ini, baru hadir di kota Palu pada Sabtu, 30 April 2016 di jalan Diponegoro, Palu. Selang beberapa bulan, katanya dibuka kembali cabang MEC di jalan Setia Budi, Palu pada Kamis, 10 November 2016.

Dikarenakan banyaknya member MEC yang berasal dari kecamatan Palu Timur dan sekitarnya, kafe tersebut akhirnya memutuskan hanya membuka satu cabang di jalan Setia Budi dan menutup cabang MEC yang ada di jalan Diponegoro.

“Di sana sepi karena banyak member yang memilih belajar di jalan Setia Budi. Ditambah lagi lokasinya yang jauh dan member banyak yang berasal dari Palu Timur dan Sekitarnya,” ungkapnya.

Ia mengatakan saat ini member MEC Indonesia berjumlah sekitar 1.000an orang yang terdaftar, namun yang aktif tak lebih dari 500an orang yang didominasi para remaja yang notabenenya pelajar.

“Kami Ingin menciptakan komunitas bahasa Inggris terbesar di Indonesia. Jadi anak-anak Indonesia tidak lagi buta dengan bahasa Inggris. Terlebih itu sudah jadi kebutuhan,” tutupnya. (INH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *