Gubernur: Pengembangan Kampus Dua IAIN Sangat Tepat

LPMQALAMUN.id – Gubernur Sulteng, Longki Djanggola menilai pengembangan kampus dua Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu sangat tepat. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah, Hidayat Lamakarate saat mewakili gubernur pada Wisuda IAIN Palu 2017 beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan saat ini peserta didik dihadapkan dengan era globalisasi. Di mana seluruh aspek kehidupan akan mengalami perubahan keterbukaan informasi yang menyangkut perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti teknologi komunikasi, informasi, dan unsur budaya lainnya.

“Hal ini sangat mudah untuk dinikmati oleh masyarakat yang dapat mengubah gaya hidup mereka. Karena kecenderungan seperti ini, harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak sekedar menerima arus informasi global,” ujarnya.

Di era ini, katanya SDM yang dibutuhkan adalah mereka yang dapat memiliki iman dan takwa serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Keseimbangan penguasaan hal tersebut secara terpadu dalam kehidupan sehari-hari merupakan kunci pokok dari keberhasilan individu masyarakat dan negara. “Semua itu bermuara dari pendidikan,” katanya.

Menurutnya IAIN Palu sebagai salah satu mata rantai penyelenggara pendidikan Islam turut dihadapkan pada berbagai tantangan di era global ini. Sehingga IAIN dituntut dapat memainkan peran penting dalam tugasnya.

“Oleh karena itu pengembangan kampus dua saya nilai sangat tepat sebagai wujud nyata dalam membangun SDM yang berkualitas di daerah ini,” ungkapnya.

Keberadaan IAIN Palu, katanya sangat memberi andil cukup besar di tengah-tengah masyarakat. Baik dalam pembinaan umat, kemajua ekonomi politik, dan budaya serta sektor lainnya. Ini dibuktikan dengan persebaran alumni IAIN Palu.

“Kenyataan alumni IAIN tidak hanya di bidang keagamaan seperti guru, penyuluh ataupun mubalig. Akan tetapi juga ada yang menjadi politisi, budayawan, maupun Panwaslu,” katanya.

Sehingga menurutnya wajarlah masyarakat menaruh harapan besar terhadap perubahan status IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) dapat segera terwujud. (AUL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *