Home Berita Penyintas Berbagi Kisah pada Perayaan HUT SKP-HAM ke-13

Penyintas Berbagi Kisah pada Perayaan HUT SKP-HAM ke-13

0
0
LPMQALAMUN.id – Orang-orang yang mampu bertahan hidup atau penyintas berbagi kisah pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 Solidaritas Pelanggaran Hak Asasi Manusia (SKP-HAM), Kamis (19/10/2017).

Dalam sesi yang dikemas dalam diskusi kemanusiaan ini, para penyintas menceritakan kisah hidup yang mereka alami di Rumah Peduli SKP-HAM jalan Basuki Rahmat lorong Saleko 2.
Salah satu pengidap HIV atau biasa disebut ODHA, Ani bercerita tentang bagaimana ia berjuang hidup, memberi semangat, dan mendampingi orang-orang yang bernasib sama sepertinya.
“Yang terpenting adalah semangat. Jauhi penyakitnya, jangan jauhi orangnya,” ujarnya.
Para penyintas lain yang mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Sisi Laborahima juga berbagi cerita tentang kisah hidupnya yang mengalami pelanggaran HAM.
Ia mengatakan baru dua bulan pernikahan, Sisi telah mendapat perlakuan kasar dari suaminya. Bahkan, katanya ia pernah dikunci dalam kamar.
Adapun masih banyak yang mengalami nasib sama seperti Sisi juga bercerita di acara tersebut. Selain itu para korban pelanggaran HAM 1965/1966 dalam kesempatan tersebut juga bercerita tentang  intimidasi dan kerja paksa yang dialaminya.
Salah satu penulis lokal kota Palu, Muhammad Isnaeni mengatakan acara perayaan hari jadi SKP-HAM sangat bagus, karena diisi dengan dialog dan berbagi pengalaman.
“Acara ini bagus, tidak selalu acara ulang tahun harus tiup lilin,” ungkapnya.
Sementara itu Sekretaris Jenderal SKP-HAM, Nurlaela Lamasitudju menyatakan semua yang hadir dalam dialog ini dapat mengambil pelajaran dari kisah perjuangan para penyintas.
“Mereka mampu menyembuhkan trauma hingga membangun ekonominya. Pembelajaran yang didapat hari ini akan menjadi bekal bagi setiap orang untuk saling menghargai, menolong dan saling berbagi demi kemanusiaan,” katanya.
Ia menambahkan acara ini juga dapat meningkatkan semangat mengungkap kebenaran yang masih tersimpan dan tertutupi. (RMT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.