Home Berita Seluruh Maba 2017 Diwajibkan Ikuti Program ini

Seluruh Maba 2017 Diwajibkan Ikuti Program ini

2
0

LPMQALAMUN.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu melalui Ma’had Aljami’ah mewajibkan seluruh Mahasiswa Baru (Maba) angkatan 2017 untuk mengikuti rangkaian program yang dilaksanakan. Program tersebut antara lain membaca Alquran secara fasih, menulis Alquran dengan baik dan benar, serta belajar tata cara ibadah haji.

Menurut Direktur Ma’had Aljami’ah IAIN Palu, Muchlis Najamuddin mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk diikuti mahasiswa. Karena, katanya sangat erat hubungannya dengan status mahasiswa yang berlabel kampus Islam, IAIN Palu.

“Dimana mahasiswa harus bisa mengetahui dan menerapkan ilmu yang di dapat dari program ini kepada masyrakat,” ujarnya saat pembukaan sebagai penanda dimulainya program ini, Kamis (16/11/2017) di Auditorium.

Ia menjelaskan 1.338 Maba dari seluruh fakultas akan mengikuti program membaca dan menulis Alquran di gedung-gedung perkuliahan dan tata cara berhaji di samping Auditorium IAIN Palu.

Kegiatan ini, katanya sama pentingnya dengan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Dimana sertifikatnya akan menjadi syarat untuk bisa turun Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Mahasiswa tidak bisa mengikuti PPL maupun KKN tanpa dua sertifikat ini, yakni sertifikat PBAK dan program Ma’had Aljami’ah,” tegasnya.

Kegiatan pembukaan yang dihadiri langsung Rektor IAIN Palu, Zainal Abidin ini diikuti 10 mahasiswa perwakilan dari masing-masing jurusan dari tiap fakultas yang ada di IAIN Palu.

Dalam sambutanya, Zainal mengatakan mendukung penuh program yang dilaksanakan oleh Ma’had Aljami’ah. Menurutnya ini perlu sekali diketahui mahasiswa.

“Karena nantinya, mahasiswa akan turun ke masyarakat dan tidak menuntut kemungkinan ketika masyarakat tahu bahwa mahasiswa yang turun ke masyarakat adalah mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi yang berbasis agama, mereka akan berfikir bahwa mahasiswa itu penguasaan agamanya pasti banyak,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan ini sangat menunjang visi misi maupun tujuan dari IAIN Palu. Dimana pada 2035, unggul dalam kajian Islam klasik dan sejajar dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN). (Mg. ANC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.