Minat Baca Rendah, DEMA FUAD Lakukan Ini

LPMQALAMUN.id – Menduduki peringkat paling bawah soal minat baca, harusnya Indonesia mulai berbenah. Pasalnya dibandingkan negara-negara lainnya, negara berkepulauan tersebut masih berada diurutan ke-60 dari 61 negara berdasarkan studi yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada 2016 lalu.

Berlatar belakang itulah, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, beberapa waktu lalu menjajakan buku-buku bacaan di depan Perpustakaan.

“Kami melihat mahasiswa IAIN masih sangat kurang dalam minat bacanya. Terbukti masih banyak mahasiswa yang jarang datang ke perpustakaan. Dari situlah tercetus pemikiran kami untuk menjual buku-buku,” ujar Bendahara DEMA FUAD, Siti Rahma saat ditemui.

Dengan begitu, katanya bisa mengembalikan minat baca dan menjadikan mahasiswa yang cakap serta berintelektual melalui referensi dalam buku yang mereka baca. Buku-buku yang dijual pun disesuaikan dengan kebutuhan dan minat mahasiswa.

Ia menjelaskan, buku-buku yang dijual merupakan hasil kerjasama DEMA FUAD bersama beberapa took buku di kota Palu, salah satunya Toko Buku Palu yang berada di kelurahan Silae.

Sementara itu, salah satu pengurus bidang Informasi dan Komunikasi DEMA FUAD, Songko mengatakan program yang berjalan selama dua hari ini merupakan program terakhir sebelum Studi Banding ke Makassar yang akan datang. (Mg. ANC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *