Home Berita Perdana, Mahasiswa PIAUD Sukses Pukau Peserta Dialog dengan Tarian Daerah

Perdana, Mahasiswa PIAUD Sukses Pukau Peserta Dialog dengan Tarian Daerah

8
0

LPMQALAMUN.id – Untuk pertama kalinya beberapa mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu menampilkan tarian daerah di muka umum. Tarian tersebut ditampilkan saat mengisi acara Dialog Lintas Agama yang diselenggarakan oleh LPM Qalamun, beberapa waktu lalu.

Mereka menampilkan dua jenis tarian daerah, yakni tarian Peule Cinde dari Palu dan tarian Cindang dari Padang. Penampilan mereka bukanlah tanpa alasan. Mereka, katanya menampilkan tarian tersebut karena ada salah satu mata kuliah yang mengajarkan tentang seni tari.

“Atas landasan inilah kami termotivasi untuk mencari satu tarian bukan hanya memahaminya, tetapi langsung mempraktekannya,” ujar Risa salah seorang penari.

Ia mengatakan berkat usaha dan kerja keras selama dua Minggu persiapan latihan dengan berbagai masalah, seperti penggantian personel tari, akhirnya penampilan mereka mendapat apresiasi dari seluruh peserta Dialog Lintas Agama yang dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Palu, Zainal Abidin.

Perasaan resah sebelum menampilkan tarian tersebut, katanya berakhir dengan rasa bangga. Dengan adanya kesempatan menampilkan tari ini, jurusan PIAUD di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) semakin dikenal.

“Ini juga sekaligus mematahkan pendapat orang-orang yang mengatakan mahasiswa PIAUD hanya mengurusi anak kecil saja. Menjadi seorang guru PAUD tidaklah mudah. Kita dituntut untuk lebih kreatif, kuat, dan lincah karena yang dihadapi adalah anak kecil. Bukan anak SMP atau SMA yang mudah memahami apa yang kita katakan,” jelasnya.

Ia berharap kedepannya, jurusan PIAUD IAIN Palu lebih maju dan laki-laki dapat memilih jurusan PIAUD. (SRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.