SNMPTN akan Diikuti 85 PTN

LPMQALAMUN.id- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dibuka pada Jum’at besok dan berakhir hingga 10 Februari mendatang.

Seleksi nilai rapor dan portofolio akademik siswa itu diikuti oleh 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN), termasuk PTN di lingkungan Kementrian Agama.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia SNMPTN, Prof Ravik Karsidi, dalam acara peluncuran SNMPTN yang juga dihadiri Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Jakarta.

“Pada tahun ini, SNMPTN diikuti 85 PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama,” seperti dilansir Antaranews.com Jumat, (12/1/2018).

Lebih lanjut Ravik menjelaskan, penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dilakukan melalui tiga cara yakni SNMPTN, Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan ujian mandiri yang diselenggarakan pihak kampus.

Disinggung mengenai daya tampung, Ravik mengungkapkan tidak ada perubahan dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan batas minimal untuk SNMPTN minimal 30 persen dari daya tampung, UTBC dan UTBK minimal 30 persen dan ujian mandiri maksimal 30 persen.

Adapun sekolah yang dapat mendaftarkan siswanya menurut Ravik, dengan ketentuan akreditasi A yakni 50 persen siswa terbaik di sekolahnya, akreditasi B sebanyak 30 persen siswa terbaik di sekolahnya, akreditasi C sebanyak 10 persen yang terbaik di sekolahnya, sementara akreditasi lainnya sebanyak lima persen siswa terbaik di sekolahnya.

Dan jalur Seleksi Mandiri dilaksanakan oleh masing-masing PTN setelah pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi Mandiri oleh masing-masing PTN salah satunya dapat menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh panitia pusat.

Terkait informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengakses layanan informasi resmi melalui laman SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id dan http://halo.snmptn.ac.id serta call-center 0804-1-450 -450.

Dan layanan informasi resmi untuk SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id dan pusat layanan 0804-1-456-456. (Dq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *