Jatam Tuntut Segera Evaluasi Tambang Palu-Donggala

LPMQALAMUN.id- Aksi damai di depan kantor pemerintah DPRD, Gubernur dan kantor SDM Sulawesi Tengah oleh Jaringan Arvokasi Tambang (Jatam) menuntut agar segera dilakukan evaluasi.

Didalam catatan Arvokasi Tambang (jatam) Sulteng, terdapat 27 tambang galian C yang sedang beroprasi. Sepuluh diantaranya di kawasan alternatif Kota Palu dan 17 lainnya di perusaan tambang yang terus mengarak sugai Labuan, Kab. Donggala.

Moh. Taufik, Korlap Jatam dalam orasinya menuntut pemerintah agar segera mengevaluasi aktivitas pertambangan daerah Palu-Donggala itu. “segera melakukan evaluasi tambang yang ada di teluk Palu-Donggala,” ujarnya, Selasa (16/1/2018).

Menurutnya, galian tambang tersebut bukan hanya memberikan kerusakan kepada lingkungan, tetapi juga akan mengancam kerusakan laut dan terumbu karang yang ada di Desa Buluri dan Labuan, Kab. Donggala.

Lebih jauh ia mengungkapkan, diantara dampak lain yang juga dikhawatirkan oleh masyarakat yaitu munculnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (Ispa) yang telah menjangkit ke 500 anak di Desa Labuan. (Wd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *