Awas! Ada Virus Kawasaki di Surabaya

LPMQALAMUN.id-  Rayyanza Hamizan Meyfiddanca, bayi  berusia 8 bulan di Surabaya,  terserang virus langka Kawasaki dan belum diketahui penyebab munculnya virus tersebut.

Dokter Spesialis Anak dr Agus Harianto SpA(K) di Surabaya, mengungkapkan bayi tersebut saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Siloam Surabaya.

“Hingga kini belum diketahui penyebab virus ini. Virus Kawasaki ini biasanya menyerang anak-anak usia di atas lima bulan. Namun, orang dewasa juga bisa terkena virus ini,” ujar Agus seperti dilansir dari antaranews.com, Selasa (30/1/2018).

Gejala serangan virus ini antara lain menurutnya, pasien akan mengalami demam yang berkepanjangan dengan suhu badan panas yang tidak stabil.

“Jika Dokter yang tidak mengetahui penyakit ini, pasti akan mendiagnosa sebagai penyakit Demam Berdarah atau Campak. Namun, virus ini tidak menular,” ujarnya.

Agus menjelaskan, setelah demam berkepanjangan, tiba-tiba mata memerah, serta mulut dan bibir kering dan kemudian juga memerah. Meskipun tes darah, tes urine, dan foto thorax hasilnya semuanya normal.

“Jika terlambat dideteksi atau panasnya melebihi hari ke-7, dikhawatirkan virus Kawasaki ini bisa menyerang pembuluh darah dan jantung,” kata dia.

Guna menangkal virus tersebut kata Agus, diperlukan obat yakni imunoglobulin yang diberikan dengan dosis dua gram per kilogram berat badan dan diberikan dalam 12 jam seharga Rp9,5 juta per 50 mililiter. Selain itu, juga diberikan obat aspilet sebagai pengencer darah untuk mencegah terjadinya serangan jantung.

“Bagi para orang tua diimbau agar lebih memperhatikan kesehatan anak-anaknya, karena sebagian orang tua biasanya menganggap hal biasa ketika suhu badan anak mengalami panas demam,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *