Polda Sulteng Ajak Mahasiswa KKN Jaga Keamanan Desa

LPMQALAMUN.id- Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah yang diwakili oleh bagian devisi Bimbingan Masyarakat (Binmas), mengajak Mahasiswa IAIN Palu ikut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban desa.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan hari kedua Pembekalan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di auditorium IAIN Palu, Selasa (6/1/2018).

Adapun materi pembekalan yang dibawa oleh Polda Sulteng mengenai Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kambtibnas) di Pedesaan.

“Masyarakat yang ada di desa bukan hanya objek tapi juga sebagai subjek dalam menjaga keamanan dan ketertiban sehingga menghasilkan situasi yang kondusif di desa tersebut,” ujar Heri Tandus selaku pemateri dan Perwakilan devisi Binmas.

Menurutnya, diantara kegiatan Binmas yang ada di desa yaitu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mendorong masyarakat untuk kreatif dalam mewujudkan situasi yang aman dan tertib.

Lebih jauh Heri memberi contoh, seperti melaksanakan mengajar mengaji untuk anak-anak di desa, merangkul masyarakat untuk terjun langsung dalam kegiatan gotong royong, dan kegiatan dalam upaya mengembangkan mutu desa dan masyarakat desa itu sendiri.

“Kaitannya program kami dengan Mahasiswa dalam pembekalan KKN kali ini, yaitu kami menginginkan program kami tadi dapat juga diterapkan oleh Mahasiswa IAIN yang akan turun KKN di desa tempat mereka nanti nya. Sehingga mereka juga dapat menjaga kemanan dan ketertiban desa tersebut,” tambah Heri. (ANC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *