lima Kunci Keberhasilan KKN Angkatan ke-5

LPMQALAMUN.id- Kunci keberhasilan KKN yang diselenggarakan oleh IAIN Palu dapat dilihat dari lima komponen yang saling terkait.

Hal itu disampaikan oleh Rektor IAIN Palu, Saggaf S. Pettalongi dalam sambutan pelepasan mahasiswa KKN angkatan ke V di auditorium IAIN Palu, Minggu (18/2/2018).

Hal utama yang menurutnya menunjang keberhasilan ialah kepanitiaan KKN, yang ketuanya di jabat oleh Kepala LP2M, prof M. Asy’ari. Saggaf mengatakan perlu Secara bertahap dilakukan rapat evaluasi secara terus menerus sehingga dapat disempurnakan.

Kedua, yaitu dosen pembimbing KKN. Dalam kegiatan pelepasan mahasiswa KKN disebutkan 22 dosen pembimbing hadir. “Ini belum semuanya. Jadi tolong dicatat dosen pembimbing yang tidak terlalu koperatif, dicatat untuk kita evaluasi akan datang, ” tegas Saggaf.

Ia mengharapkan dosen pembimbing dapat mengantar mahasiswanya sampai ke desa masing-masing.

Hal ketiga dilihat dari kemampuan mahasiswa dalam menyusun dan merancang program-program kerja KKN di bawah dosen pembimbing.

“Karena itu jika mahasiswanya tidak mampu membaca tanda-tanda dan situasi yg ada di lokasi masing-masing, akan sulit membuat program nanti, katanya.

Adapun poin keempat yang harus diperhatikan adalah masyarakat setempat. Mahasiswa menurut Saggaf, perlu melakukan pendekatan yang baik dan disesuaikan dengan kearifan lokal di masing-masing desa.

Dan komponen terakhir yang ia sebutkan, mahasiswa harus lebih mampu membangun komunikasi yang baik kepada semua tokoh-tokoh masyarakat. Karena hal tersebut menjadi pendukung terlaksannya program-program kerja yang telah disusun sebelumnya.

Wartawan: whiwi Pratiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *