Home Berita Ciptakan Kampus yang Bermutu, 3 Poin Ini Harus Jadi Pedoman IAIN Palu

Ciptakan Kampus yang Bermutu, 3 Poin Ini Harus Jadi Pedoman IAIN Palu

2
0

LPMQALAMUN.id- Pendidikan Islam adalah bagian integral dari sistem Pendidikan Nasional, yang termasuk didalanya lembaga pendidikan tinggi Islam yang memiliki posisi yang sama dan sejajar dengan perguruan tinggi umum.

Pembangunan gedung megah dengan pembiayaan yang bersumber dari Surat Berharga Syariat Negara (SBSN), mendapatkan apresiasi dari pemerintah. Bahwa perguruan tinggi Institut Agama Islam Negri (IAIN) Palu masi mendapat perhatian yang sama dengan perguruan tinggi lainya.

Hj Siti Nurma Marjanu SH.M.si.MH selaku pakar bidang pemerintahan hukum dan politik pada sambutan kuliah umum dan peresmian kampus II IAIN Palu, di Desa Pombewe, Kecamatan Biromaru, Kabuapten Sigi, pada Jum’at (9/03/2018), mengungkapkan bahwa IAIN Palu tidak hanya sibuk dengan kajian-kajian Islam.

“IAIN Palu tidak semata mata hanya sibuk melakukan kajian-kajian Islam, melainkan turut menyesuaikan dengan perkembangan kemajuan teori-teori ilmu pengetahuan modern dan dinamis,” ujarnya.

Sehingga menurutnya, untuk dapat bersaing dengan bangsa-bangsa yang maju lainya, IAIN Palu sangat dibutuhkan dalam rangka menyelenggarkan layanan pendidikan tinggi, fleksibel, berkualitas dan berdaya saing.

Lebih jauh Nurma menjelaskan, ada tiga poin penting yang menurutnya harus menjadi pedoman IAIN Palu guna menciptakan kampus yang bermutu dan berdaya saing.

Pertama mewujudkan tata kelola kampus IAIN yang mengedepankan kerja sama dan pelayanan prima.

kedua, menumbuhkan suasana kampus yang parsitipatif bagi semua elemen, sebab katanya, kampus didirikan karena panggilan peradaban kemanusiaan dan pengetahuan.

Adapun yang ketiga menjaga integritas dan karakter kampus.

“Jangan sampai terjadi praktek-praktek komersialisasi,” ujarnya.

Ia berharap dengan hadirnya gedung yang megah ini semoga membawa kenyamanan dan kemudahan fasilitas bagi masyarakat civitas dalam kegiatan berakademik dan non akademik.

Wartwan: Whiwi Pratiwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.