MTQ Tingkat SMA/MA Sederajat, Bentuk Keprihatinan HIKMAH Terhadap Generasi Muda

LPMQALAMUN.id-Himpunan Qori Qoriah Mahasiswa (HIQMAH) Sulteng bekerjasama dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut Agama Islam Negri (IAIN) Palu dan beberapa lembaga baik internal maupun eksternal kampus melaksanakan kegiatan MTQ tingkat SMA/MA se derajat se Kota Palu di kampus IAIN Palu, Senin (19/03/2018).

Kegiatan yang bertemakan “Menginfestasikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari hari” tersebut bertujuan untuk merangsang mahasiswa untuk bisa terpacu belajar alquran kembali dan bisa memotifasi mahasiswa untuk mengaplikasikan nilai-nilai alquran dalam kehidupan sehari hari guna terwujudnya Sulawesi Tengah yang Baldatun Toyibatun Warobbun Gofur.

Ketua umum HIQMAH Sulteng, Ismail Syukur mengharapakan, dengan di adakannya kegiatan ini bisa membangkitkan kembali semangat generasi muda dalam belajar dan mengamalkan alquran.

“Bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk keprihatinan mahasiswa IAIN Palu dan juga HIQMAH Sulteng terhadap generasi muda yang seluruh aktivitasnya tidak bisa di pisahkan dari telfon genggam, sehingga waktu untuk membaca bahkan memegang Alquran sudah tidak ada lagi,” katanya.

Fahru Rozi siswa kelas X MAN 2 Kota Palu yang merupakan salahsatu peserta DAI DAIYAH pada kegiatan tersebut mengungkapkan manfaat dilaksanakannya kegiatan itu untuk membangun motivasi mereka dalam mempelari Alqur’an.

“Dalam kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat SMA/MA sederajat se Kota Palu ini, menurut saya adalah kegiatan yang bernilai positif di kalangan para pelajar SMA/MA sederajat se kota Palu dalam memotifasi kami untuk selalu tetap belajar Alquran yang mana itu juga adalah kewajiban kita semua sebagai umat islam,” ujar Rozi saat ditemui LPM QALAMUN.

Kegiatan yang terdiri dari 3 cabang lomba yaitu Tilawah, Tartil dan Dai Daiyah itu, di ikuti oleh 56 peserta dari 25 sekolah yang ada di Kota Palu, dan diharapkan dapat merubah kebiasaan buruk para siswa di zaman sekarang.

Kegiatan yang di laksanakan selama 2 hari tersebut berlokasi di Auditorium IAIN Palu untuk cabang Tilawah dan Tartil Alquran sedangkan cabang Dai Daiyah bertempat di mesjid Al-Abror IAIN Palu.

Wartwan: AT

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *