Ramadhan Bertepatan Hari lahirnya Pancasila

*Opini oleh Moh.Takdir*

Mahasiswa IAIN Palu Jurusan Ekonomi Sariyah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat bersejarah bagi umat islam. Di mana salah satu bulan Allah SWT bagi umat Nabi Muhammad SAW sebagai bulan pengampunan. Sekaligus di jadikan waktu pengkaderan bagi umat Islam dalam menjalankan syariatnya. Dimana pada 17 ramadhan 1439 H,  yang di peringati sabagai Nuzulul Qur’an kitab Suci umat Nabi Muhammad SAW, Sekaligus kitab yang menyempurnakan agama sebelum Islam.

Hari yang bersejarah tersebut juga sebagai hari yang sama buat Republik Indonesia di mana pada 17 Ramadhan bertepatan dengan lahirnya pancasila sebagai ideolagi Negara republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 1 juni 2018.

Jika wahyu pertama bagi Itu yang berbunyi iqra yang arti baca. maka pacasila sebagai falsafah Indonesia juga perlu di dalami kembali seluruh rakyat indonesia. pancasila yang berasal dari kata sansekerta mempunyai lima Nilai dan menjadikan pondasi dalam bernegara yang telah menyatukan berbagai kultur dan budaya yang berada di Negara kepulauan Republik Indonesia (NKRI). Lima dasar tersebut pada poin pertama yaitu ketuhanan yang maha esa, telah kita sepakati bersama. sebab pada dasarnya silah pertama yang di rumuskan bung karno yaitu menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya.

Pada perumusan pancasila 1945 di tolak dari beberapa tokoh pada saat rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Ini mengindikasikan bahwa agama islam adalah agama yang menerima perbedaan dan penuh dengan toleransi. Sebab jika melihat histori maka saham terbesar kemerdekaan RI adalah agama islam. Namun seakan akan umat islam di cap sebagai agama radikalisme dan juga tempat terorisme. Ini sangat bertentangan dengan nilai ajaran Islam sebab membunuh manusia yang tak berdosa dan bunuh diri adalah tindakan yang sangat di larang keras dalam agama tersebut.
pancasila sebagi ideolagi Negara harus benar benar di jalan oleh Pemerintahan Jokowi – Jk dan seluruh rakyat indonesia. Sehingga nilai pancasila bukan hanya menjadi bacaan yang selalu di ajarkan setiap institusi pendidikan dan menjadi bahan kampanye dalam mengambil sebuah kekuasaan. Kemanusian yang adil dan beradab wajib di amal sehingga dalam menegakan hukum yang berlandaskan UUD 1945 Benar berlaku tanpa pandang bulu agar persatuan Indonesia tidak terpecah belah oleh lembaga pengadilan. Mengambil keputusan harus musyawarah mufakat untuk merumuskan arah kebijakan pemerintah. agar tidak berpihak kepada kelompok manapun.

Keadilan sosial harus di rasakan semua masyarakat indonesia, sehingga terciptanya masyrakat madani dan Good government yang mampu menjaga persatuan bangsa. Oleh karena itu tdk perlu lagi menuduh atau menuding ajaran dari agama mana pun. yang di anggap menjadi ancaman kedaulatan NKRI. sebab pemberontakan dan anarkisme bukan untuk memecah belah bangsa, melainkan ketidak adilan pemerintah dalam mengeluarkan
suatu kebijakan yang di nilai menindas dan menghisap rakyat jelata.

maka dalam negara demokrasi sudah menjadi hal lumra jika ada kritikan dari kalangan masyarakat. bukan justru bertindak semenah menah akan kekuasaan. sebab kedaulatan yang langgeng adalah kekuasaan rakyat. Maka mereka berhak menentut dan meminta pemerintah untuk menepati janji mereka. sehingga nilai pancasila bukan hanya di jadikan nilai jual dalam berpolitik apalgi di gadaikan hanya untuk kekuasaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *