Home Berita Sosialisasi SPAN, UM-PTKIN, UM-MANDIRI. IAIN Palu Bangkit

Sosialisasi SPAN, UM-PTKIN, UM-MANDIRI. IAIN Palu Bangkit

135
0

Palu, lpmqalamun.Id- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu mengadakan kegiatan sosialisasi Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri(UM-PTKIN) dan UM-MANDIRI sekota Palu, Sigi, dan Donggala, di AULA IAIN Palu. Kamis, (07/02/2019)

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang di adakan oleh IAIN Palu menjelang penerimaan mahasiswa baru untuk menarik minat calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya.

Kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan cara pendaftaran sekolah dan untuk memandu setiap operator sekolah baik MA/SMA cara pendaftaran jalur SPAN yang menggunakan sistem elektronik dan aplikasi.

Abidin selaku Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga saat ditemui LPM Qalamun mengatakan bahwa target mahasiswa baru tahun ini sebanyak 2.500 pendaftar.

“Target mahasiswa yang diterima pada tahun ini yaitu 2.500 orang, pada tahun kemarin 3000 orang calon mahasiswa baru yang mendaftar tetapi hanya 1.800 orang yang di terima. Tapi pada tahun ini karena adanya pembangunan kampus dan pengembangan jadi kouta calon mahasiswa pada tahun ini di tambah, karena tahun ini kampus akan pulih seperti semula dan di tambah dengan kampus dua yang berlokasi di desa Pombeve Sigi”, ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa pada tahun ini pihak kampus tidak hanya fokus ke sekolah yang berbasis agama saja, tapi sekolah umum baik SMAN, SMK bisa ikut mendaftar.

“Tahun ini tidak di batasi hanya sekolah berbasis agama saja yang bisa mendaftar tetapi sekolah-sekolah umum juga bisa mendaftar, karena hal ini bertujuan untuk perubahan kampus IAIN menjadi UIN”, tambahnya.

“Saya berharap agar peserta yang hadir dalam pendaftaran sekolah/sosialisasi ini agar dapat memberitahukan cara pendaftaran ke sekolah-sekolah lainnya, karena dalam sosialisasi sudah di beritahu tentang aplikasi-aplikasinya”, harapnya.

Kegiatan sosialisai ini tidak hanya berada di dalam kota Palu saja, tetapi terbagi atas beberapa team yang akan turun ke sekolah-sekolah se- sulawesi tengah untuk melakukan sosialisai kampus IAIN Palu.

Abidin juga menghimbau agar para mahasiswa dapat membantu sosialisasi kampus ke sekolah-sekolah di kampungnya untuk menarik minat calon mahasiswa baru.

Ernawati salah satu guru SMK 5 Palu yang menjadi peserta sosialisasi saat di temui LPM Qalamun menanggapi bahwa kegiatan ini sangat baik untuk kampus IAIN kedepannya.

“Sosialisai ini sangat baik untuk mencari calon mahasiswa agar IAIN Palu lebih sukses dan lebih maju untuk kedepannya”, ujarnya.

Wartawan: KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.