Home Berita Kuliah Umum, IAIN Palu Terapkan Penilaian Berbasis HOTS

Kuliah Umum, IAIN Palu Terapkan Penilaian Berbasis HOTS

88
0

Palu, lpmqalamun-id. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Mengadakan kuliah umum semester genap 2019 dengan tema “Penilaian berbasis Higher order thinking skills (HOTS) di perguruan tinggi”, di Aula IAIN Palu. Selasa, (05/03/2019).

Erniati selaku pemateri dalam kuliah umum tersebut mengatakan penilaian berbasis HOTS di perguruan tinggi merupakan jawaban yang harus di persiapkan.

“HOTS adalah urutan tingkat berfikir, dari tingkat yang rendah sampai tingkat yang tinggi, oleh karena itu pada dasarnya ketika berbicara tentang HOTS kita bisa mengingat, memahami, mampu berfikir kritis, kreatif, mampu memecahkan masalah, dan mampu memutuskan sebuah keputusan”, ujarnya

Ia juga mengatakan sebagai motivasi buat mahasiswa IAIN Palu untuk fokus karena fokus inilah menjadi tanggung berfikir karena mahasiswa yang terbaik adalah mahasiswa yang cepat selesai studinya.

Sagaf selaku Rektor IAIN Palu juga mengatakan kuliah umum adalah sebuah tradisi dan awal untuk memulai kegiatan perkuliahan secara ceremonial.

“Kuliah umum adalah sebuah tradisi akademik, tradisi akademik artinya suatu yang sering dilakukan guna untuk menimbulkan, memotivasi civitas akademik untuk mengedepankan aspek-aspek akademik. Dan juga kuliah umun juga dimaknai sebagai awal untuk memulai kegiatan perkuliahan secara ceremonial per-semester berjalan”, ucapnya.

Ia juga menambahkan di semester selanjutnya pihak kampus akan berusaha untuk mendatangkan tamu atau orang ilmuan dari luar untuk menjadi pemateri baik itu bersifat demokrasi maupun akademisi. dan juga kita akan perdayakan dosen-dosen yang ada dilingkungan IAIN Palu kususnya mereka yang baru selesai untuk menjadi pemateri dikarenakan ilmu mereka masih segar.

Wartawan: MKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.