Manfaat Training Legislatif Yang Diadakan SEMA IAIN Palu

PALU, LPMQALAMUN.id- Senat Mahasiswa (SEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu laksanakan kegiatan Training Legislatif di Aula IAIN Palu. Rabu, (29/05/2019).

Kegiatan ini mengangkat tema “Peran Legislatif Muda Dalam Menggerakkan Mahasiswa dan Demokrasi Negara”, yang dibuka oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Drs.H Iskandar, M.Sos.I

Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Ryan Hidayat, SPd.I selaku ketua BEM STAIN DATOKARAMA Palu priode 2012/2013, Erfin S.Ud selaku ketua BLM STAIN DATOKARAMA Palu priode 2011/2012, M.Riski Lembah, S.H, M.H. Selaku Dosen dan Advokat, dan Yahdi Basma, S.H selaku anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Komisi Hukum, Politik, Pemerintahan, dan HAM.

Iskandar selaku wakil rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama sangat mengapresiasikan kegiatan Training Legislatif yang dilaksanakan oleh SEMA IAIN PALU

“SEMA IAIN Palu sudah tepat melaksanakan pelatihan ini, setahu saya baru kali ini diadakan pelatihan legislatif kalau yang lainnya itu hanya sekedar seminar dan sebagainya,” ujarnya.

“Saya kira ini perlu menjadi agenda tahunan bagi Senat Mahasiswa, karena dengan pelatihan legislatif, kedepannya ini bisa jadi wadah kita untuk bisa berbakti kepada negara lewat DPR itu sendiri baik Kabupaten/Kota maupun sampai ke pusat termasuk DPD,” tambahnya.

Iskandar juga mengatakan ini perlu ada kaloborasi SEMA IAIN Palu dengan DPR.

“Perlu adanya kerja sama dengan DPR saya kira ini sesuatu yang sangat menggembirakan kita semua, olehnya itu kegiatan ini insyallah bisa kita ikut bersama karena yakin saja apa yang kita dapatkan ini pasti ada manfaatnya mungkin anda belum rasakan sekarang tetapi mungkin anda rasakan setelah menjadi alumni,” harapnya.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa IAIN Palu saja, tetapi juga diikuti oleh mahasiswa luar diantaranya mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Palu.

Agus Prastiyo selaku ketua SEMA IAIN Palu mengatakan bahwa target peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh lembaga legislatif mahasiswa Kota Palu.

“Target peserta kegiatan ini adalah seluruh lembaga Senat Mahasiswa (SEMA), Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), atau Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang ada di Uniersitas atau Institut se-Kota Palu,” ungkapnya.

Agus Prastiyo juga mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan nilai edukasi kepada lembaga legislatif Mahasiswa.

“Menjadikan kegiatan traning legislatif untuk memberikan nilai edukasi kepada lembaga legislatif mahasiswa dan mengetahui fungsi dari SEMA, BPM, atau DPM,” ujarnya.

“Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan arahan yg jelas dan lebih mendalam terkait dengan lembaga legilatif kemahasiswaan,” harapannya.

Selain itu, Muhammad Riswanto selaku mentri luar negeri Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNISMU menanggapi kegiatan tersebut sangat positif

“Secara pribadi saya berterima kasih atas kegiatan ini, dikegiatan training legislatif ini saya mendapatkan pengalaman dan ilmu yang sangat bermanfaat dan kami akan terapkan di kampus kami nantinya dan saya berharap kegiatan ini bisa diagendakan setiap tahunnya,” ujarnya.

Wartawan: AHM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *