Home Berita Workshop Literasi, Kepala Perpus Harap Tingkatkan Minat Baca Mahasiswa

Workshop Literasi, Kepala Perpus Harap Tingkatkan Minat Baca Mahasiswa

142
0

PALU, LPMQALAMUN.id- UPT perpustakaan IAIN Palu adakan Workshop Literasi, di Aula Dakwah. Kamis, (24/10/2019).

Kegiatan tersebut mengangkat tema: “Pembudayaan Mutu Literasi di Kalangan Mahasiswa IAIN Palu”.

Adapun target peserta yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 200 orang secara keseluruhan dari semua Fakultas Dan Jurusan, namun yang hadir sekitar 168 orang.

Kegiatan ini juga menghadirkan Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M. Pd. Yakni Rektor IAIN Palu, dan membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Serta menghadirkan Narasumber HJ. Dahlia, S. Sos. Selaku perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Dan H. Saharuddin, S. Sos. M. Si, narasumber dari Perpustakaan Pertanian Untad (Universitas Tadulako).

Supriani S. Ag selaku ketua Kepala perpustakaan IAIN PALU saat ditemui LPM Qalamun mengatakan bahwa Kegiatan ini bertujuan mengembalikan minat Mahasiswa IAIN Palu untuk mengunjungi perpustakaan.

“Tujuan kegiatan ini, bagaimana kita menggiring mahasiswa itu untuk mengetahui seperti apa perkembangan atau informasi yang diperhadapkan dengan perpustakaan IAIN Palu,” ujarnya

“Karena kurangnya minat baca dan masuk ke perpustakaan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya dan menelusuri bahan pustaka yang ada dalam perpustakaan itu sendiri,” tambahnya.

Adapun pemicu turunya pengunjung perpustakaan karena kurangnya koleksi buku pasca tsunami, padahal pustakawan membutuhkan referensi yang terkini.

“Kita Kendalanya dikoleksi buku, setelah tsunami, kami membutuhkan referensi terkini, terbitan-terbitan dari Doktor, Dosen, dan para Magister supaya juga mereka termotivasi membuat karya untuk dipublikasikan di dalam perpustakaan baik tentang buku ajar, jurnal atau karya-karya lainnya,” ucapnya.

Setelah kegiatan ini berlangsung beliau pun merasa lega.

“Agak lega, karena mahasiswa yang dilibatkan semua ada pembauran, baik mahasiswa lama, mahasiswa baru, seperti ini loh gambaran perpustakaan IAIN Palu pasca tsunami” tuturnya.

Selain itu, beliau berpesan terhadap mahasiswa IAIN Palu, agar sadar dan mengintropeksi diri terhadap apa yang mereka peroleh dalam pembelajaran di kelas belumlah cukup.

“Saya mengharapkan kedepannya, semua mahasiswa IAIN supaya sadar dan selalu introspeksi diri bahwa apapun yang didapatkan dari pengajaran-pengajaran dosen selalu masih merasa kurang, tidak puas, bahwa mereka masih kekurangan, masih membutuhkan menambah ilmu pengetahuannya, masih butuh ilmu-ilmu lain, atau referensi-referensi untuk dikembangkan,” tegasnya.

Wartawan: RSU, Tvvy, okta, dan I-la

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.