Home Berita HPA adakan Kemah Bakti Pemuda Dan Seminar Empat Pilar Kebangsaan

HPA adakan Kemah Bakti Pemuda Dan Seminar Empat Pilar Kebangsaan

95
0

PALU, LPMQALAMUN.id– Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA) menggelar kemah bakti pemuda dan seminar di halaman Kampus Univesitas Alkhairaat (UNISA) Kota Palu Sulawesi Tengah, Sabtu Malam, (26/10/2019).

Kegiatan tersebut bertemakan “Peran Pemuda Melalui Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika) Untuk Mencegah Paham Radikalisme dan Terorisme Di Sulawesi Tengah)”.

Alasan panitia mengangkat tema tersebut disampaikan oleh ketua panitia saat ditemui LPM Qalamun.

“Kami mengangkat tema tersebut karena sekarang ini persoalan terorisme dan radikalisme menjadi isu hangat sehingga peran pemuda yang sangat dibutuhkan, melalui seminar ini. agar pemuda bisa tau bagaimana cara mengatasinya maupun mensosialisasikan,” ujarnya.

“Kegiatan ini diikuti oleh organisasi-organisasi kemahasiswaan yang ada di kota Palu, yang mana kemah ini dirangkaikan dengan seminar, sekaligus memperkenalkan lingkungan kampus UNISA , dan kemah bakti pemuda ini telah terlaksana dari tanggal 25 kemarin,” tambahnya.

Adapun narasumber dari kegiatan tersebut yaitu Prof.Dr.H. Zainal Abidin,M.Ag, Dr.H.Hidayat Lamakarate,M.Si, Dr.Muzakir Tawil, Dr.Lukman S Tahir,M.A dan Dr.Fahrudin D.Yambas, M.Si.

Zainal Abidin, dalam paparanya menyampaikan radikalisme ditandai dengan empat sikap.

“Radikalisme sederhana ditandai dengan 4 sikap yang pertama sikap intoleran tidak mau menghargai pemikiran atau pendapat orang lain, kedua sikap fanatik selalu merasa benar sendiri, ketiga sikap eksklusif yaitu membedakan diri dari kebiasaan orang kebanyakan, ke empat sikap revolusioner cenderung menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuan,”ungkapnya.

Wartawan : Mr/Sa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.