Home Berita Dialog Publik SEMA: Ibukota Negara Pindah, Pemuda Dan Pemerintah Harus Perhatikan Ini

Dialog Publik SEMA: Ibukota Negara Pindah, Pemuda Dan Pemerintah Harus Perhatikan Ini

6
0

PALU, LPMQALAMUN.id- Senat Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palu gelar dialog publik bertempat di warkop Ansor Kota Palu, Sulawesi Tengah. Sabtu malam, (02/11/2019).

Kegiatan ini mengangkat tema “Siapkah Pemuda Sulteng Menyambut Pemindahan Ibu Kota Negara?” yang dibuka secara resmi oleh Dr. Iskandar M.Sos I selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, IAIN Palu.

Dialog tersebut menghadirkan beberapa Narasumber yaitu Adha Najemudin selaku tokoh pemerhati Sulawesi Tengah, Dr. Muh. Ali Hafid sebagai Akademisi Kampus IAIN Palu serta Muhammad Azis & Muhammad Taufik yang merupakan tokoh-tokoh pemuda Sulawesi tengah.

Adha Najemudin dalam materinya menyatakan harapan baiknya terhadap pemuda-pemuda Sulteng dengan adanya dialog ini mendorong para pemuda untuk lebih memunculkan keahliannya masing-masing menyambut pemindahan ibukota negara.

“Saya sangat mengapresiasi usaha dari mahasiswa mengadakan kegiatan seperti ini untuk menggiring para pemuda memiliki keahlian,” ujarnya.

Ali Hafid yang juga sebagai narasumber memberikan pandangan terkait dengan kesiapan pemuda Sulawesi Tengah menyambut pemindahan ibukota negara dengan cara melakukan inovasi diri melalui pendidikan.

“Untuk menyongsong ibukota, kita memerlukan inovasi diri melalui pendidikan,” ujarnya saat memberikan materi.

Ia juga berharap adanya perbaikan pada sistem pendidikan sehingga perbaikan dalam dunia pendidikan akan terus dilakukan untuk mempersiapkan menyambut pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan.

Agus Prastiyo selaku penyelenggara kegiatan sekaligus Ketua Senat Mahasiswa IAIN Palu turut berharap dengan pindahnya Ibukota Negara pendidikan di Palu dapat berkembang dengan baik.

“Yang pertama, saya sebagai mahasiswa mengiginkan agar pendidikan bisa berkembang lebih baik kedepan, apalagi dengan kondisi berpindahnya ibukota nanti, kita harus dipacu agar seperti daerah atau wilayah sebelumnya yang dekat dengan Ibukota Negara bisa tertata dengan baik pendidikannya,” ujarnya.

“Kalau untuk pemerintah sendiri harap diperhatikan kembali segi pendidikan, sosial, budaya maupun ekonomi yang nantinya bisa jadi tantangan maupun peluang untuk pemuda-pemuda yang di Sulawesi Tengah,” tegasnya saat ditemui lpm qalamun.

NP : Ae

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.