Home Berita Banyaknya Akreditas Jurusan Yang Expired, Ini Tanggapan Rektor

Banyaknya Akreditas Jurusan Yang Expired, Ini Tanggapan Rektor

23
0

PALU, LPMQALAMUN.id- Banyaknya akreditas Jurusan yang expired menyebabkan sebagian mahasiswa IAIN Palu terkendala untuk menyelesaikan studi akhir. Senin, (8/10/2019).

Saggaf selaku Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu menyatakan bahwa banyaknya akreditas Jurusan yang expired bukanlah kesalahan dari pihak kampus, menurutnya kesalahan itu berasal dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Sebenarnya itu bukan kesalahan dari sini, karena kita telah post dari tahun lalu sebagian, namun anggaran dari BAN-PT belum turun, sebenarnya kalau di bandingkan dengan kampus lain, kita ini masih sedikit sekali, yang lain itu bisa sampai 12 prodi sedangkan kita hanya 6 prodi saja,” ungkapnya.

Namun, ia juga menegaskan bahwa mahasiswa yang akreditasi jurusannya telah expired tidak dapat di wisuda

“Yudisium saja tidak bisa, apalagi wisuda! dia boleh ujian sampai skripsi selesai. tapi, belum bisa di umumkan,”tegasnya.

Beliau juga mengatakan merasa prihatin atas aturan yang tidak boleh meluluskan kalau akreditasnya sudah expired, namun pihak kampus masih membolehkan untuk ujian tapi tidak dengan yudisium.

“Saya tidak tahu persis mengenai bulan-bulan expired akreditas ini, tapi tentunya jika ada yang ujian di atas bulan expired itu sudah bisa di pastikan tidak bisa di wisuda, tetapi jika ada yang telah menyelesaikan ujian pada bulan di bawah expired itu dia bisa, sekali lagi ini masalah nasional, Palu masih termasuk sedikit ini,” imbuhnya.

Pihak kampus juga telah mencoba untuk terus mendesak Dirjen Kementrian agama agar secepatnya mencairkan dana assesment lapangan bagi BAN-PT, dan rencananya Saggaf akan berangkat ke Jakarta untuk membicarakan terkait hal itu.

Beliau juga menegeskan untuk semua mahasiswa yang tengah menunggu yudisium tidak perlu khawatir, karena dari pihak kampus telah meniadakan proses perkuliahan bagi mereka dan tidak lagi membebankan uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi mereka.

ia juga mengatakan jika dari BAN-PT telah memiliki anggaran maka mereka akan langsung turun ke Perguruan Tinggi yang ada di seluruh Indonesia untuk langsung melakukan pengakreditasian.

Terakhir, dia meminta mahasiswa untuk tetap sabar dengan situasi ini

“Tetap semangat, ini persoalan waktu saja tentu IAIN tidak mau begitu,” ujarnya.

Wartawan : RA/SA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.