Home Berita Rencana Bangun Musholah Di Kompleks Makam DATOKARAMA, Ini Tujuan Habib Rotan

Rencana Bangun Musholah Di Kompleks Makam DATOKARAMA, Ini Tujuan Habib Rotan

229
0

PALU, LPMQALAMUN.id- Habib Sholeh bin Abu Bakar Alaydrus atau yang dikenal dengan Habib Rotan berencana akan membangun musholah di samping makam Datokarama.

Pimpinan Majelis Zikir Nurul Khairat tersebut menyampaikan alasan dirinya ingin membangun musholah di sekitar Makam orang yang berjasa di Sulawesi Tengah (SULTENG) ini Kepada Wakil Gubernur Sulteng di karenakan jauhnya jarak dari makam tersebut.

“Makam Datokarama Ini adalah salah destinasi Wisata religi di Sulawesi Tengah dan juga sebagai cagar budaya, olehnya masyarakat yang berkunjung ke tempat ini tidak lagi jauh mencari mesjid, ketika tiba waktu sholat, musholah sudah tersedia,” ujarnya saat berbincang dengan Wakil Gubernur Sulteng, di makam Datokarama, Jl Rono Palu Barat, Minggu (05/01/2020).

Habib Rotan juga menambahkan bahwa ciri Khas dari tempat wisata religi adanya sarana musholah apalagi katanya Datokarama punya peran untuk Sulteng.

“Dimana-mana, tempat makam seperti ini ada musholah didekatnya supaya ini mengambarkan ada nuansa keislamannya, sebab Datokarama Pelatak pertama nilai-nilai keislaman di Sulteng,” tambahnya.

“Juga pada hari tertentu seperti Haul Guru tua atau hari besar islam lainya para peziarah yang datang ketempat ini sangatlah banyak, olehnya kebutuhan akan musholah sangatlah penting untuk melengkapi sarana di makam penyebar agama islam pertama di Sulteng ini,” tegasnya.

Sementara itu menanggapi rencana Habib Sholeh Rotan Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Baco Dg Palabbi mengatakan akan menyampaikan rencana Habib ke pihak yang berwenang.

“Akan di bicarakan dengan pihak atau dinas yang bertanggung jawab atas pemeliharaan makam tersebut, namun sambung Rusli pada prinsipnya secara pribadi saya sangat setuju untuk pembangunan musholah tersebut,” pungkasnya.

Penulis: Ramadhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.