Home Uncategorized KULIAH UMUM SEMESTER GENAP IAIN PALU : MAHASISWA SESALKAN TEMPAT TAK MEMADAI

KULIAH UMUM SEMESTER GENAP IAIN PALU : MAHASISWA SESALKAN TEMPAT TAK MEMADAI

73
0

PALU,LPMQALAMUN.id-Institut Agama Islam Negeri IAIN Palu gelar kuliah umum semester genap bertempat di Aula Dakwah IAIN Palu pada sabtu, (13/03/2020)

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap awal semester yang merupakan penanda awal dimulainya proses  perkuliahan. 

Namun, pelaksanaan kali ini sedikit berbeda sebab dilakukan setelah aktif perkuliahan selama satu minggu lamannya .

Narasumber yang hadir pada kegiatan ini yaitu Mohammad Amin Abdullah seorang guru besar filsafat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta serta peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan dosen.

Amin Abdullah dalam materinya ia mengatakan pertama kali menghadiri undangan dua hari sekaligus .

“Baru kali ini saya diundang disuatu tempat yang kemudian dijamak takhir atau taqdim itu namanya, pokoknya dua hari sekalian prof, ini kalau nggak palu saya engaak akan mau begitu”ujarnya.

Ia juga dijadwalkan akan kembali menjadi narasumber pada kegiatan seminar nasional yang diselenggarakan oleh fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) besok .

Terlepas dari itu ,  kekurangan penyelenggraan kegiatan ini adalah tempat yang tak memadai.  pelaksanaan kuliah umum tahun ini bertempat digedung dakwah yang kapasitas menampung peserta kurang lebih hanya 200 orang saja  membuat pihak kampus mendirikan tenda diluar ruangan untuk mengantisipasi mahasiswa yang tidak mendapatkan tempat duduk didalam ruangan.

Namun penyediaan fasilitas sebagai alternatif tersebut dinilai masih kurang efektif. seperti tanggapan indriani salah satu mahasiswa yang mengikuti kuliah umum saat ditemui crew LPM Qalamun mengatakan pelaksanaan kuliah umum tahun ini.

Sedikit berbeda dengan tahun kemarin yang pelaksanaannya secara terbuka sehingga banyak mahasiswa yang mengikuti , namun saat ini dilakukan ditempat yang berbeda karena ada yang didalam gedung  kemudian ada yang diluar.

“Menurut saya pelaksanaan kuliah umum tahun ini disemester genap itu sedikit berbeda dengan tahun kemarin , karena kemarin suasananya lebih terbuka dan banyak mahasiswa yang ikut serta. dan pada hari ini dimana tempatnya terbagi dua ,ada yang didalam gedung dan ada yang diluar. Pendapat saya ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, sepertinya baiknya dilaksanakan dalam satu gedung saja biar semua mahasiswa bisa melihat dari pematerinya dari semua yang ada didalamnya” Ujarnya

Ia juga berharap pelaksanaan kuliah umum selanjutnya agar dilaksanakan ditempat yang lebih besar sehingga mahasiswa lebih banyak dan  fokus mengikuti kegiatan tersebut.

” Menurut saya sebaiknya dilaksanakan seperti kemarin di SBSN itu ,karena dimana semua mahasiswa ikut serta dan tidak terbagi ruangannya jadi mahasiswa bisa melihat secara langsung pematerinya sehingga mahasiswa lebih fokus lagi. kalau dalam keadaan seperti ini kadang mereka belum selesai pelaksanannya sudah pulang karena menurut mereka , mereka juga tidak melihat pematerinya. untuk fasilitasnya yah , gedung itu sebaiknya lebih besar lagi karena mengingat mahasiswa IAIN sendiri lebih banyak” harapnya.

Wartawan: Ae

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.