Home Berita Mahasiswa VS Covid 19 dan Kuliah Online

Mahasiswa VS Covid 19 dan Kuliah Online

162
0

Palu, LPMQALAMUN.id-sehubungan dengan penyebaran virus corona atau biasa disebut dengan covid 19 yang mana berdampak pada sistem belajar dan mengajar, seperti halnya pada Institut Agama Islam Negeri IAIN Palu yang mana sejak tanggal 16 Maret 2020 sudah melakukan pembelajaran berbasis online atau kuliah daring. Rabu, (21/04/2020)

Semua proses perkuliahan maupun pelayanan akademik dialihkan ke online, pada surat edaran rektor IAIN Palu pertama bahwa kuliah online akan dilakukan selama satu bulan saja, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan penyebaran covid 19 di kota Palu belum berkurang rektor IAIN Palu mengeluarkan surat edaran ke dua untuk perkuliahan online dilanjutkan hingga akhir semester yang sedang berjalan.

Disisi lain banyak mahasiswa yang mengeluhkan perkuliahan online ini tidak efektif dan memakan banyak biaya.

Seperti pada survei yang dilaksanakan oleh lembaga pers mahasiswa (LPM Qalamun) yang mana survei ini dilakukan secara online dengan menyebar angket melalui sosial media LPM sendiri hingga dibagikan ke grup-grup WhatsApp mahasiswa IAIN Palu.

Sesuai data yang didapatkan selama dua hari berturut-turut perkuliahan online ini 94,9% Perkuliahan dilakukan pada WhatsApp grup, 76,8% dilakukan di class room dan sisanya dilakukan pada aplikasi zoom.

Di samping itu dalam pembelajaran online ini mahasiswa 68,4% mahasiswa kurang paham dengan materi yang diajarkan. Dan juga hampir 70,9% mahasiswa mengeluhkan paket data atau kuota internet dan jaringan untuk mengakses internet.

Banyak kritikan dan saran yang yang disampaikan mahasiswa melalui angket tersebut mereka berhalap agar tidak diberikan banyak tugas karna alasan utama mereka tentang kuota internet, mereka juga berharap kepada rektor IAIN Palu agar ada pemutihan nilai di semester ini dan mereka juga meminta santunan berupa paket data agar mereka bisa mengikuti perkuliahan dengan baik.


FRY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.