Home Berita Potongan UKT 50% Hanya Untuk Mahasiswa Semester Akhir

Potongan UKT 50% Hanya Untuk Mahasiswa Semester Akhir

530
0

Palu,LPMQALAMUN.id- Aiansi mahasiswa IAIN Palu melakukan aksi demonstrasi dalam menuntut pemotongan uang kuliah tunggal (UKT) sebesar 50% yang dilakukan didepan gedung rektorat IAIN Palu. Rabu, (24/06/2020).

Mahasiswa IAIN Palu tak lelah memperjuangkan kebijakan soal pemotongan UKT, mereka bahkan membuat aksi damai menuntut pemotongan UKT sebesar 50% dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Terkait hal ini Rektor IAIN Palu Sagaf S. Pettalongi mengatakan pemotongan UKT merujuk pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 515 Tahun 2020 Tentang Keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri atas dampak bencana wabah Covid-19.

Menurut KMA Nomor 515 Tahun 2020 ini keringanan diberikan apabila mahasiswa dapat menunjukkan kelengkapan bukti/keterangan yang sah terkait status orang tua/wali, yang:
a. Meninggal dunia;
b. Mengalami pemutusan hubungan kerja;
c. Mengalami kerugian usaha atau dinyatakan pailit;
d. Mngalami penutupan tempat usaha; atau
e. Menurun pendapatannya secara signifikan.

“Kebijakan yang kita lakukan pasti akan di arahkan pada kebijkan kemaslahatan bersama khususnya mahasiswa dan civitas akademika secara keseluruhan,” ucapnya.

Selanjutnya dalam pemotongan UKT ada beberapa kategori yang di paparkan oleh rektor IAIN Palu.

“Pemotongan UKT 100%, pemotongan UKT 50%, pemotongan UKT 20%, pemotongan UKT 10% bagi calon mahasiswa baru yang akan masuk IAIN Palu. Dengan syarat dan ketentuan berlaku, merujuk pada KMA 515 2020,” jelasnya.

Dan Ia menambahkan untuk mahasiswa yang menyelesaikan semester akhir di berikan pemotongan UKT 50%.

“Jadi untuk mahasiswa yang menyelesaikan semester akhir di potong 50% karena mereka masih mau ujian proposal , komprehensif dan skripsi” tambahnya

Wartawan : DW dan ADR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.