Home Berita PPL Gelombang Ke Dua Masih Dilakukan Secara Daring

PPL Gelombang Ke Dua Masih Dilakukan Secara Daring

205
0

Palu, LPMQALAMUN.id- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, akan melakukan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) golombang II secara daring atau online. Selasa, (07/07/2020).

Kegiatan akademik yang di lakukan secara online tersebut, merupakan langkah pembatasan tatap muka dalam rangka untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Abidin Djafar selaku Wakil Rektor I bidang akademik dan pengembangan lembaga saat di temui crew LPM QALAMUN mengatakan bahwa seluruh kegiatan di perguruan tinggi harus di lakukan secara Daring.

“Pelaksanaan PPL di perguruan tinggi saat ini, tetap mengikuti edaran terbaru SK dari menteri pendidikan, bahwa kegiatan di perguruan tinggi di lakukan secara daring termasuk ujian UM-PTKIN, PBAK, kuliah, dan PPL dilakukan secara daring semuanya,” ujarnya.

“Kita juga sudah punya pengalaman PPL di bulan maret kemarin pada gelombang I (ganjil), itu daring. PPLnya tarbiyah daring, dan juga di Fakultas lain daring. Kemudian, terakhir gelombang II (genap) pada bulan September nantinya masih tetap dilaksanakan via daring,” tambahnya.

Selain itu ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi sebelum turun PPL, salah satunya adalah menyelesaikan SKS pada semester tersebut.

Ketentuan waktu pelaksanaannya sudah di atur pada kelender akademik.

“Pendaftaran PPL tanggal 2 September, pembekalan PPL tanggal 14 September, pelaksanaan atau turun PPL tanggal 21 September sampai 21 Oktober dan tanggal 22 Oktober penarikannya. Dekan-dekan di Fakultas mengusahakan untuk mempercepat tahapan-tahapannya karena ini daring jadi hanya 1 hari saja pembekalannya dan lewat ZOOM,” jelasnya.

“Tapi, kalau covid menurun total pada bulan September mungkin kita laksanakan dengan manual karena baiknya PPL itu manual ketemu dan tatap muka dengan anak-anak,” ungkapnya.

Adapun kepanitiaan yang mengakomodasi pelaksanaan PPL adalah dari Fakultas masing-masing.

“Satu bulan mungkin Agustus sebelum pelaksanaan PPL pasti sudah terbentuk kepanitiaan. Tugas Fakultas berkreasi bagaimana caranya agar ada yang mengurus PPL dan mengurus itu adalah panitia dan ada anggarannya juga,” tegasnya.

Wartawan : MAMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.