Home Essay M unggul sosok Ispirator Dari Ujung Utara Kabupaten Donggala

M unggul sosok Ispirator Dari Ujung Utara Kabupaten Donggala

47
0

Tulisan sosok karya dari

Nama : Fitriani
Jurusan : PAI
semeter : 5

Muhammad Unggul merupakan ketua KPU Kab. Donggala periode 2019-2024 . Beliau adalah salah satu alumni di Institut Agama Islam Negeri Datokarama Palu pada tahun 2007 dan merupakan kader LPM Qalamun . Lahir di desa OU, pada tanggal 10 Januari 1988. Beliau merupakan anak bungsu dari Bapak Hutba Sabatu dan Ibu Erni Taher Lakaeng. Awal masuk kampus beliau bergabung diorganisasi internal yaitu Pramuka. Tetapi dengan karakter yang gemar menulis dan membaca beliau merasa kurang cocok di Pramuka. Dan akhirnya beliau memutuskan untuk keluar dari pramuka kemudian bergabung di Lembaga Pers Mahasiswa Qalamun IAIN Palu.

Alasan beliau bergabung LPM karena ingin belajar mengoprasikan komputer karena pada saat itu hanya Organisasi LPM Qalamun yang memiliki Komputer. Saaat beliau bergabung di LPM Qalamun pada tahun 2007 kader yang mendaftar hanya 7 orang, karena peminat LPM pada saat itu sangat minim.

Dengan Komitmen untuk membesarkan nama LPM, beliau akhirnya terpilih menjadi Direktur Utama LPM Qalamun pada tahun 2009. Pada saat menjabat sebagai dirut beliau menyeleksi kader yang bersunguh-sungguh ingin loyal di LPM Qalamun, yang dibilang mampu mempertaruhkan nyawanya demi LPM Qalamun. Semasa menjabat menjadi direktur ditahun 2009 beliau dan sekretaris umum kala itu menghadiri kongres Perhimpunan Pers Mahasiswa Nasional di Kota Madura. Usai mengikuti rangkayan agenda kongres di Madura beliau, bersama dengan teman-teman dari LPM Untad dan LPM Stisipol untuk pertama kalinya membentuk Perhimpunan Pers Mahasiswa (PPMI) Dewan Kota Palu.
Selesai dari dunia perkuliahan pada tahun 2011, dengan meraih gelar Sarjana Strata 1 pada jurusan Syariah, beliau langsung terjun ke dunia kerja dengan menjadi wartawan magang dalam kurun waktu 3 bulan di Palu ekspres, dengan tekun dan semangat saat menjadi wartawan beliau kemudian dipercayakan sebagai layouter di media yang sama yaitu palu ekspres selama 6 bulan. Karena kurangnya penghasilan di dunia jurnalistik beliau akhirnya memutuskan untuk berhenti Kemudian melanjutkan S2 di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan menyelesaikan studi pada tahun 2014 .

Selesai S2 beliau menjadi dosen Luar Biasa di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Datokarama Palu yang beliau cita-citakan, sekaligus beliau juga menjadi operator desa pada tahun 2015, di tahun yang sama pula beliau menjadi salah satu anggota Panitia Pengawas Pemilu di Kecamatan Sojol. Kemudian ditahun 2017 beliau di angkat menjadi tenaga pendamping sosial (PKH) oleh kementerian sosial. Setelah itu beliau mencoba untuk mencalonkan sebagai ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Sojol yang akhirnya membuahkan hasil yang manis bagi beliau, karena terpilih menjadi ketua selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2017-2019.

Puncak dari kegigihan dan kerjakerasnya dalam menekuni dunia pekerjaan yang digelutinya, secara tak terduga pada tahun 2019 beliau di daulat menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala selama 5 tahun. Sekaligus menjadi Ketua KPU termuda di Provinsi Sulawesi Tengah.

Inilah napak tilas dari karir yang sangat luar biasa dan menginspirasi juga patut dijadikan panutan bagi banyak orang dari sosok M. Unggul T.Lakaeng yang merupakan Putra Asli Dari Ujung Utara Kabupaten Donggala yang mempunyai motto hidup yaitu “Harus Bermanfaat Bagi Orang Lain”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.