Beranda Berita Fakultas Syariah Melaksanakan Pelatiahan Paralegal Bersama LBH

Fakultas Syariah Melaksanakan Pelatiahan Paralegal Bersama LBH

158
0

PALU, LPMQALAMUN.id – Fakultas Syariah (FASYA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu melaksanakan pelatihan Paralegal bersama LBH Donggala pelatiahan ini di laksanakan di Aula Dakwah dengan menerapkan protokol kesehatan. Rabu, (2/12/2020)

Pelatihan Paralegal ini mengangkat tema “Penguatan Keilmuan dan Kesadaran Profesi Hukum Dalam Mewujudkan Pelayanan Hukum Bagi Masyarakat”.

Hal tersebut di sampaikan langsung oleh ketua panitia saat di temui Crew LPM Qalamun, Besse Tenriabeng Mursyid yang mengatakan tujuan dilaksanakan pelatihan paralegal ini untuk mempersiapkan mahasiswa/i semester 7 agar setelah mereka menyelesaikan studinya bisa memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Karena yang jadi sasaran ini mahasiswa semester 7 yang tidak lama lagi menyelesaikan studi kedepannya setelah ada sertifikat telah menyelesaikan pelatihan paralegal ini mereka bisa berperan sebagai pembantu pengacara dan memberikan edukasi terkait hukum kepada masyarakat,” ujarnya.

Kemudian beliau mengatakan kegiatan pelatihan paralegal pada tahun ini dilaksanakan oleh angkatan pertama.

“Karena ini merupakan angkatan pertama, kemungkinan kedepanya kita akan melaksanakan setahun sekali. Jadi untuk tahun ini artinya selesai 2021 lagi di adakan angkatan kedua,” katanya.

Adapun dalam kegiatan ini menghadirkan beberapa pemateri, yakni para advokat dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Donggala.

“Karena kita bekerja sama dengan LBH donggala, jadi pematerinya advokat dari luar salah satunya direktur LBH donggala beberapa advokat muda Sulawesi tengah,” tambahnya.

Kemudia dalam laporannya beliau mengatakan kegiatan pelatihan ini dilaksakan dengan 50 mahasiswa/i yang mengikutinya.

“Sebenarnya untuk efektifnya pelatihan ini hanya bisa diikuti oleh 30 peserta saja dengan kapasitasnya kita, tapi karena memang banyak mahasiswa yang berminat jadi kita kondisikan 50 peserta,” tegasnya.

Terakhir beliau berharap agar mereka dapat mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat.

“Karena mereka sudah mendapatkan sertifikat dari kegiatan paralegal ini, artinya secara legitimasi mereka bisa melakukan konsultasi hukum di tengah masyarakat yang bertugas membantu pengacara,” harapnya.

wartawan magang : Philos dan Shaf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.