Beranda Berita Mahasiswa KKN-DR Adakan Lomba Islamic

Mahasiswa KKN-DR Adakan Lomba Islamic

266
0

PALU, LPMQALAMUN.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu angkatan VIII gelombang 1 mengadakan Lomba Islamic untuk generasi muda di Masjid Al-Mubarak Jl Tamaco, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat. Minggu, (13/12/2020).

KKN adalah sesuatu kegiatan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasi dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara pragmatis, berdimensi luas melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif dan lintas sektoral.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua kelompok KKN-DR saat ditemui Crew LPM Qalamun, Ahmad Husain mengatakan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini untuk memberikan motivasi dan edukasi kepada generasi muda juga menjalin hubungan silaturahmi kepada masyarakat.

“Memberikan motivasi kepada anak-anak untuk terus belajar apakah itu adzan atau hafalan surah pendek dan juga sebagai silaturahmi kami kepada masyarakat setempat dan mewujudkan program kerja kami disini,” ujarnya.

Adapun yang mengadakan kegiatan ini ialah mahasiswa KKN IAIN Palu dari Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

“Hanya 2 fakultas yang ada yaitu FEBI dan FTIK,” katanya.

Kemudian beliau menjelaskan peserta yang mengikuti lomba ini berasal dari wilayah RT. 02 dan RW. 06 dan terkhusus Taman Pengajian Al-Quran (TPA) Al-khairia

“Peserta yang mengikuti lomba ini adalah anak-anak yang berada diwilayah sini, khususnya jl Asam II RT 02 RW 06, ada juga daerah Tamaco yang masih masuk wilayah RT 02 RW 06. Anak-anak yang mengikuti lomba ini kami ambil dari TPA, TPA Al-khairia. Jadi, sebenarnya kami mengadakan lomba khusus mereka tetapi lomba ini tetap kami buka secara umum untuk sekitaran jalan Asam,” jelasnya.

Kemudian dalam laporannya beliau mengatakan bahwa lomba kali ini dilaksanakan dengan 28 peserta yang mengikutinya.

“Jumlah peserta yang Adzan 11 orang, sedangkan yang hafal Surah Pendek itu ada 17 orang,” tambahnya.

Beliau juga menambahkan bahwa dalam persiapan pelaksana, mereka juga memiliki beberapa kendala sehingga kegiatan tersebut berlangsung tidak sesuai rencana.

“Kendalanya sebenarnya miss komunikasi antara pengurus masjid dengan kepanitiaan karena kami sudah sampaikan kepada pengurus masjid bahwa kami akan adakan kegiatan disini hari minggu pagi tapi pihak masjid belum membuka masjidnya makanya kami harus mencari kunci lagi tapi alhamdulillah kami sudah ketemu sama penjaganya dan mereka langsung bergegas membuka masjid tersebut dan juga kami kekurangan juri untuk kegiatan ini karena sudah disampaikan kepada pengurus TPA atau ustadzah maryam sebagai juri tapi beliau lagi berduka jadi kami menggantikannya sebagai juri,” tambahnya.

Terakhir beliau berharap agar kegiatan lomba ini dapat meningkatkan iman dan pengetahuan agama kepada generasi muda khususnya anak-anak.

“Harapan kami sebagai mahasiswa semoga apa yang kami lakukan disini dan apa yang kami perbuat diwilayah sini bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan juga bisa selalu silaturahmi kepada masyarakat bahwa kami pernah mengadakan KKN diwilayah ini,” harapnya.

Wartawan Magang : Philos, Shaf, dan STY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.