Beranda Berita Mahasiswa HKI IAIN Palu Raih Prestasi Tingkat Nasional

Mahasiswa HKI IAIN Palu Raih Prestasi Tingkat Nasional

309
0

PALU,LPMQALAMUN.id – Mahasiswa Program Studi (PRODI) Hukum Keluarga Islam (HKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu meraih juara 2 dalam kegiatan Celebest Family Law Debat 2020 yang diadakan IAIN Palopo. Jum’at (25/12/2020)

Torehan prestasi tingkat nasional kembali dipersembahkan oleh Mahasiswi IAIN Palu. Mahasiswi yang bernama Meiry, NurAsia dan Nurlita Rahma dari PRODI HKI, berhasil meraih juara 2 dalam Kompetisi Celebest Family Law Debat dengan perolehan nilai sebanyak 2.052.

Meiry selaku Mahasiswi yang mengikuti lomba tersebut mengatakan sistem debat dilakukan secara online dan dibagi menjadi 3 tahapan.

“Sistem debat yang di pakai di sini secara online, yaitu video call What’sapp. Dimana dilakukan 3 tahapan saat babak semi final, di tahapan pertama sebagai kontra melawan delegasi IAIN Pare-Pare, tahapan kedua kami sebagai pro melawan delegasi IAIN Bone dengan mosi akad nikah secara online di masa pandemi. Alhamdulillah delegasi IAIN Palu bisa lolos ke babak final dan sistem yang di lakukan pun masih sama. Dimana kami delegasi IAIN Palu sebagai pro dan melawan delegasi IAIN Bone sebagai kontra, dengan mosi ucapan selamat natal sebagai bentuk toleransi beragama,”ujarnya

Beliau juga mengatakan rasa syukurnya dan berterima kasih kepada teman-teman dan senior-senior yang sudah memberi dukungan.

“Awalnya cuma karena ingin coba-coba ikut acara debat ini dan Alhamdulillah berkat bantuan serta dukungan dari senior-senior dan juga teman-teman, kami akhirnya berhasil. Tak lupa juga doa dan restu dari orang tua sehingga kami bisa mendapati juara ke dua ini. Dan saya selalu menanamkan apa yang dikatakan senior bahwa setiap ada kesempatan ambil, karena sebenarnya semua proses itu kita dapati dari pengalaman,” Ungkapnya.

Disisi lain, Muhammad Baharuddin Hafid selaku Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Syariah (FASYA) IAIN Palu mengatakan bahwa persiapan Mahasiswi yang mengikuti lomba ini belum terlalu matang, namun skill yang mereka punya mampu mengalahkan lawan dari berbagai PTKIN yang berada di Sulawesi.

“tiga srikandi Mahasiswa Fakultas Syariah terkhusus Mahasiswa jurusan HKI Ini memang sangat luar biasa, dari jauh hari saya sudah melihat talenta mereka dan dibuktikan dengan mampu meraih juara 2 di ajang debat yang diadakan IAIN Palopo. Dalam debat itu mereka memperlihatkan skill public speaking yang sangat luar biasa kecerdasan emosional dan intelektual yang betul-betul sangat membanggakan, padahal kalau dipikir mereka kan masih semester 1 tapi mereka mampu menyingkirkan lawan debat mereka dari berbagai PTKIN di bagian Sulawesi,”Tambahnya

Beliau berharap akan muncul wajah-wajah baru yang mempunyai kemampuan yang lebih unggul karena kedepannya masih banyak lomba debat seperti ini.

“Harapan saya sebagai senior Hukum Keluarga dan juga sebagai Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Syariah, akan ada srikandi-srikandi lain yang muncul ke permukaan untuk memperlihatkan kepada IAIN Palu bahwa di Fakultas Syariah memiliki banyak talenta yang unggul dan mampu bersaing dengan fakultas lain bahkan dengan kampus lain. Harapan saya juga agar mereka bertiga tetap bangga dengan capaian yang di raih karena kedepannya masih banyak debat-debat yang akan diikuti dan insyaAllah dapat mewakili IAIN Palu dalam debat PIONIR yang di adakan 2 tahun sekali,” Harapnya

Wartawan: FT410, Indy, NL, dan Shaf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.