Home Berita KKP Mandiri Bagi Mahasiswa FEBI IAIN Palu 2021

KKP Mandiri Bagi Mahasiswa FEBI IAIN Palu 2021

391
0

PALU, LPMQALAMUN.id – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu akan melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) Mandiri. Senin, (04/01/2021).

Kuliah Kerja Profesi (KKP) merupakan bagian proses akademik yang dilaksanakan sebagai salah satu wadah pengenalan dunia kerja kepada mahasiswa sebelum meraih gelar akademik.

Nurdin Selaku Wakil Dekan bidang Akademik Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengatakan bahwa KKP kali ini akan dilaksanakan pada pertengahan Januari sampai akhir Februari.

“Rencananya kita akan adakan pada pertengahan Januari ini dan selesai akhir Februari, jadi itu masa libur semester sehingga tidak menggangu perkuliahan ataupun kegiatan lain,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan mengenai persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk mengikuti KKP seperti mencari perusahaan bidang ekonomi dan keuangan secara mandiri.

“Jadi mahasiswa disini pertama mencari sendiri lokasi KKP dimana yang mereka inginkan dengan syarat yang ditentukan, dan yang kedua mahasiswa harus memenuhi 120 Satuan Kredit Semester (SKS),” ucapnya.

“Untuk jurusan Perbankan Syariah akan KKP di lembaga keuangan syariah maupun lembaga keuangan umum, dan Jurusan Ekonomi Syariah akan KKP di perusahaan ekonomi syariah ataupun perusahaan lainnya, baik itu perusahaan nasional, lokal, maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bahkan internasional,” tambahnya.

Ia juga menghimbau kepada mahasiswa untuk melapor ke kepanitiaan untuk mekanisme dilapangan dan dokumen serta surat surat yang diperlukan dalam pelaksanaan KKP.

“Sistemnya yang pertama mahasiswa mencari lokasi KKP dulu setelah itu nanti baru melapor ke panitia, dan panitia yang akan menyiapkan dokumen maupun surat surat seperti pengantar, permohonan izin serta rekomendasi baru dibuka secara resmi dan mereka turun KKP secara mandiri,” tegasnya

Adapun mahasiswa yang akan mengikuti KKP tahun ini sekitar 300 orang dari dua Jurusan yaitu Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah

Terakhir ia berharap melalui pelaksanaan KKP ini agar mahasiswa mampu meningkatkan kemandirian dan berani berkomunikasi dalam memenuhi persaingan dunia kerja yang semakin berat.

“Harapan kami agar mahasiswa ini bisa meningkatkan kemampuan kemandirian apalagi persaingan dunia kerja begitu berat, mereka harus mandiri, berani berkomunikasi dengan stakeholder tempat mereka KKP, karena alumni-alumni perguruan tinggi sekarang lemah dalam kemampuan berkomunikasi,” harapnya.

Wartawan : Blurr,Indah,Shaf,Smile

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.