Beranda Berita DEMA FASYA Gelar Debat Class Guna Meningkatkan Kekritisan Mahasiswa

DEMA FASYA Gelar Debat Class Guna Meningkatkan Kekritisan Mahasiswa

204
0

PALU, LPMQALAMUN.id – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah melaksanakan Debat Class Konstitusi di Baruga Nunu, Kelurahan Nunu, Kecamatan Palu Barat. Selasa, (05/01/2021).

Kegiatan debat ini mengusung tema “Meningkatkan Kekritisan Mahasiswa Fakultas Syariah Dalam Memahami Problematika Hukum di Era New Normal”.

Tharik Ahmad selaku Ketua DEMA Fakultas Syariah mengatakan bahwa alasan dari pengusungan tema tersebut karena banyaknya kecacatan penerapan hukum di Indonesia selama pandemi berlangsung.

“Ketika Indonesia dilanda wabah Corona, banyak sekali hukum di Indonesia ini mengalami kecacatan. Seperti undang-undang yang tidak terealisasi dengan baik dan pelanggaran-pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), maka dengan debat ini kami dominan pada materi hukum untuk meningkatkan kekritisan mahasiswa,” ujarnya.

Adapun peserta dalam kegiatan debat ini hanya terkhusus pada mahasiswa Program Studi ditataran Fakultas Syariah.

“Ada empat yaitu Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Perbandingan Mazhab, dan Hukum Tata Negara Islam,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa debat ini dilakukan untuk menyaring dan mempersiapkan mahasiwa Fakultas Syariah yang dapat mewakili IAIN Palu dalam berbagai perlombaan.

“Debat Class Konstitusi ini wadah tempat kita memilih agar kedepannya nanti dalam perlombaan misalnya pionir debat tingkat nasional, maka dari Fakultas Syariah bisa mewakili IAIN Palu. Sehingga dengan adanya kegiatan ini kita mengetahui potensinya mereka dalam adu argumentasi,” ungkapnya

Menurutnya kendala dalam pelaksanaan kegiatan ini selain Pandemi Covid-19 masih terus berlanjut juga kegiatan yang bertepatan dengan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS).

“kendalanya itu wabah Covid-19 apalagi sekarang kan sudah ada PSBB dari pemerintah daerah, dan beberapa peserta yang mengikuti UAS sehingga diberikan toleransi dan pengunduran waktu kegiatan,” ujarnya.

Terakhir Ia berharap kegiatan ini mampu menjadi ajang kompetisi dengan memunculkan potensi unggul dari mahasiswa Fakultas Syariah

“Kita mau melihat potensi-potensi mahasiswa khususnya di Fakultas Syariah yang memiliki pengetahuan tentang hukum yang lebih unggul dari fakultas lain, terlebih mengenai hukum Islam dan hukum konvensional,” harapnya.

Wartawan : Tulip, Hemhem,Tea,Mawa,HH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.