Beranda Berita 4 Jenis Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru IAIN Palu Tahun 2021

4 Jenis Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru IAIN Palu Tahun 2021

854
0

PALU, LPMQALAMUN.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu akan membuka kembali pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa baru 2021. Rabu, (17/02/2021).

Pemberitahuan tentang beasiswa ini akan disosialisasikan setelah penerimaan mahasiswa baru di IAIN Palu. Hal ini juga telah dibahas dalam rapat sosialisasi antar beberapa dosen dan pihak tenaga teknis.

Fatharany selaku Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan,Alumni dan Kerjasama mengungkapkan bahwa beasiswa dan bantuan dari IAIN Palu sendiri sama seperti tahun sebelumnya dan terdiri dari empat jenis.

“Kalau jenisnya itu yang selama ini, ada namanya beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar), BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), Beasiswa Hafidz Qur’an dan beasiswa dari lembaga khusus seperti BI yang ditangani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,” ujarnya.

“Bedanya kalau beasiswa itu biaya hidup mereka ditanggung oleh negara,tapi kalau bersifat bantuan cuman uang SPP nya saja yang dibantu sedangkan biaya hidupnya tidak,” jelasnya.

Pendaftaran beasiswa tahun ini akan dibuka sekitaran bulan Agustus sampai September. Sedangkan perekrutan calon penerima beasiswa akan diadakan setelah penerimaan mahasiswa baru.

“Pendaftaran dibuka tahun ini biasanya sekitaran bulan Agustus sampai September. Karena begitu habis penerimaan mahasiswa baru, baru kita merekrut untuk penerima beasiswa,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk mendapatkan beasiswa tersebut terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi.

“Contoh syaratnya kalau beasiswa KIP kuliah itu harus ada Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan yang kedua dia memang betul betul orang yang tidak mampu dari segi ekonomi, kemudian nilai IPK nya maksimal 3,0 serta tidak boleh menikah selama dia mendapatkan KIP ,” ujarnya.

“Nanti itu akan disurvey mereka punya tempat tinggal, benar tidak dia itu betul – betul kurang mampu,” tegasnya.

Tahapan dari alur penerimaan beasiswa KIP itu sendiri dimulai dari penyeleksian berkas, wawancara dan peninjauan lokasi atau tempat tinggal dari mahasiswa.

Untuk nominal dari bantuan dan beasiswa, Ia mengatakan bahwa setiap jenis beasiswa memiliki nominal yang berbeda-beda.

“Kalau KIP itu dia persemester Rp.6.600.000.00 sampai mahasiswa selesai kuliah selama 8 semester,” ujarnya.

“Kalau tahfidz itu, bantuan saja misalnya 5 juz dia dibantu selama 2 semester, kalau yang 10 juz 4 semester, yang 20 juz 6 semester dan yang 30 juz 8 semester,” tambahnya.

Terakhir ia berharap agar penerima beasiswa mengikuti persyaratan yang telah ditetapkan dan dapat menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa lain.

Wartawan : Syam, Sinar , Blue

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.