Beranda Berita FTIK Jadi Fakultas Pertama Yang Akan Dipindahkan Ke Kampus II

FTIK Jadi Fakultas Pertama Yang Akan Dipindahkan Ke Kampus II

343
0

PALU, LPMQALAMUN.id — Kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu akan dijadikan sebagai kampus induk (utama) yang berpusat di Pombewe, Sigi. Senin, (22/02/2021).

Kampus II IAIN Palu yang berada di Desa Pombewe, Sigi memiliki fasilitas dengan tujuh gedung diantaranya lima gedung perkuliahan dan satu gedung layanan terpadu dan terdapat dua gedung yang rusak akibat gempa 2018 silam. Terdapat 48 ruang kelas yang dibangun diatas tanah seluas 21 hektar ini.

Rektor IAIN Palu Prof Saggaf S Pettalongi mengatakan bahwa kampus II IAIN Palu belum digunakan di tahun 2020 kemarin hingga saat ini dikarenakan pandemi Covid-19.

“Sebenarnya tahun 2020 kita pindah kesana dan keputusan sudah ada, tapi kita tunda untuk pindah dikarenakan pandemi,” ujarnya.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) menjadi target pertama untuk melaksanakan proses perkuliahan di kampus 2 tersebut. Hal ini berdasarkan jumlah mahasiswa FTIK yang terbanyak daripada Fakultas lainnya.

Terkait mekanisme perpindahan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ke kampus II IAIN Palu, Ia mengatakan bahwa hal tersebut akan dilakukan secara bertahap.

“Dikarenakan pendemi, jadi tidak pindah sekaligus, mungkin kantornya dulu dan beberapa bagian dari fakultas tarbiyah,” ungkapnya.

Berbagai fasilitas dan infrastruktur di kampus 2 IAIN Palu saat ini juga masih dalam proses persiapan oleh pihak kampus.

“Terkait kelengkapan seluruh fasilitas tersebut sementara disiapkan seperti kantor Dekan Tarbiyah, pemasangan AC, dan perabotan lainnya,” ungkapnya.

“Tahun ini kita juga akan membangun gedung perpustakaan induk disana,” tambahnya.

Adapun waktu mengenai kapan digunakannya kampus II tersebut bergantung dari kebijakan pemerintah melalui surat edaran terkait covid-19.

“Luas tanah yang sudah bersetifikat yakni 21 hektar dan Pemda Sigi juga akan memberikan tanah hibah yakni 41 hektar tanah karena mereka merasa bersyukur, senang dan bangga karena ada perguruan tinggi dibangun disana,” ucapnya.

“Olehnya kita berharap agar gedung yang merupakan aset negara tersebut dapat segera dimanfaatkan,” harapnya.

Wartawan: Philos, Shaf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.