Beranda Berita Peralihan Status IAIN Palu Menjadi UIN Tinggal Menunggu Izin Operasional

Peralihan Status IAIN Palu Menjadi UIN Tinggal Menunggu Izin Operasional

240
0

PALU, LPMQALAMUN.id – Perkembangan alih status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu untuk menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) masih menunggu hasil laporan dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Senin, (22/02/2021).

Hal ini disampaikan langsung oleh Sekjen Kementerian Agama RI, Prof Nizar dalam sambutannya diperesmian Kampus 2 IAIN Palu yang berlokasi di Desa Pombeve, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi minggu kemarin. Ia juga menyampaikan bahwasanya saat ini pihak Kementerian Agama sedang berusaha untuk peralihan status IAIN Palu menjadi UIN.

Terkait hal tersebut, Sagaf S Pettalongi selaku Rektor IAIN Palu saat ditemui Crew LPM Qalamun  mengatakan bahwa IAIN Palu sudah berusaha semaksimal mungkin dalam pengupayaan alih status dan saat ini hanya tinggal menunggu izin operasional.

“Sekarang semua administrasi dilakukan secara online. Jadi menurut pemerintah pusat IAIN Palu sudah sangat layak untuk beralih status menjadi UIN sepenurut Sekjen kemarin,” ujarnya.

Diketahui, pada tahun 2020 ada 9 kampus IAIN yang mengusungkan untuk alih status ke UIN, akan tetapi hanya 6 yang dinyatakan lolos dan memenuhi syarat. IAIN Palu sendiri termasuk salah satu kampus yang tidak lolos karena kendala akreditasi.

“Jadi salah satu syarat untuk menjadi UIN  itu akreditasi Program Studi A minimal 2 lah, kemarin kita baru 1 yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Arab,” ucapnya.

“Namun kita akan tetap berusaha agar prodi-prodi yang lain mendapat akreditasi A juga,” tambahnya.

Untuk itu Ia menyimpulkan bahwa alih status IAIN Palu menjadi UIN sudah dimaksimalkan sebaik mungkin termasuk dengan terpenuhinya berbagai persyaratan seperti jumlah mahasiswa, luas lahan, SDM yang memadai dan lain lain.

“Suatu kebanggaan tersendiri dari mahasiswa maupun pihak kampus kalau perguruan tingginya menjadi sebuah Universitas, karena bisa menyelenggarakan kegiatan-kegiatan besar program skala nasional dan juga berdampak pada nilai kualitas dari alumninya,” ungkapnya.

Wartawan : Blurr, KO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.