Beranda Berita Masih Berstatus Mahasiswa Aktif, Alumni Keluhkan Sistem Pelayanan Informasi Akademik Kampus

Masih Berstatus Mahasiswa Aktif, Alumni Keluhkan Sistem Pelayanan Informasi Akademik Kampus

176
0

PALU, LPMQALAMUN.id — Alumni mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu keluhkan nomor ijazah yang belum terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) dan masih berstatus sebagai mahasiswa aktif IAIN Palu. Selasa, (25/05/2021).

Sejumlah alumni IAIN mengeluh terkait pelayanan akademik IT IAIN Palu, pasalnya dalam situs resmi PD-Dikti beberapa alumni masih berstatus aktif sebagai mahasiswa sehingga belum memiliki nomor ijazah.

Muhammad Turmuzi misalnya, alumni IAIN Palu tahun 2019 tersebut mengatakan bahwa dirinya ingin mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Juni mendatang, namun terkendala pada nomor ijazah yang belum terdaftar.

Melalui akun sosial medianya, Turmuzi mengunggah postingan keluhannya disalah satu grup Facebook, “IAIN DATOKARAMA PALU”.

“Tolong pihak kampus keberadaan kami bisa dituntaskan penyelesaiannya karena kami juga di sistem CPNS bulan Juni ini semua sudah memakai nomor ijazah yang terdaftar dan status kemahasiswaannya di PDDikti. Nah ini belum terdaftar gimana caranya mau lolos berkas,” keluhnya dalam postingan. (21/05).

Beberapa hari setelah memposting hal tersebut, Ia mengatakan bahwa status kemahasiswaannya telah dinonaktifkan setelah pihak kampus memintai datanya.

“Tapi teman teman yang lain banyak sekali yang belum dinonaktifkan. Begitulah di kampus siapa yang urus duluan itu yang lebih dulu diselesaikan,” ujarnya.

Terakhir Ia menyarankan pihak kampus agar berbenah dan lebih memperhatikan lagi terkait pendataan alumni karena merupakan tanggungjawab kampus.

“Seharusnya setiap angkatan yang selesai langsung saja serentak dinonaktifkan, dari pada kerja dua kali, repot dikampus repot juga di mahasiswa,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Lukman Latif selaku Kepala SUB bagian Tata Usaha Humas dan Rumah Tangga mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena penginputan data pada situs laman resmi PDDikti dibuka hanya pada saat tertentu.

“Mungkin karena alumni itu baru selesai sementara penginputan di PDDikti belum terbuka. Terkait alumni yang sudah lama selesai tapi statusnya belum berubah bisa mengecek langsung diportal yang disediakan,” katanya.

“Penyebab lainnya, alumni IAIN Palu masih berstatus aktif di PDDikti dikarenakan saat penginputan data sebagian mahasiswa tidak memperhatikan dengan teliti NIKnya sehingga berakibat sulitnya untuk  melengkapi pendataan,” tambahnya.

Ia juga beranggapan bahwa seharusnya mahasiswa tidak mengadukan di media sosial terkait hal ini dikarenakan lembaga menyediakan portal pengaduan yang telah disediakan, sehingga PD-Dikti bisa menjawab tidak terdeteksinya data.

Terakhir Ia menyampaikan kepada mahasiswa IAIN Palu baik para alumni ketika mendapatkan masalah terkait pendataan maupun akademik dapat langsung melaporkannya melalui akses link aduan ke https://helpdesk.iainpalu.ac.id  .

Wartawan : Fhyk , NL , Rny



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.