Beranda Berita Migrasi Data, Siakad IAIN Palu Masih Belum Bisa Diakses

Migrasi Data, Siakad IAIN Palu Masih Belum Bisa Diakses

555
0

PALU,LPMQALAMUN.id–  Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu melakukan pembaharuan layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Rabu,(06/06/2021).

Terhitung sejak dikeluarkannya surat edaran pemberitahuan mengenai pembaharuan layanan  SIAKAD pada April 2021, hingga saat ini SIAKAD IAIN Palu masih belum bisa di akses oleh sebagian mahasiswa.

Abdul Wahab, menerangkan bahwa hal tersebut dikarenakan adanya proses migrasi data akademik ke sistem yang baru.

“Belum bisa diakses karena adanya pembaharuan pelayanan serta migrasi data dari Siakad lama ke sistem SEVIMA,serta ada kontrak baru untuk memperbaharui pelayanan aplikasi akademik,” ujarnya.

Sevima sendiri merupakan sebuah perusahaan aplikasi yang dipakai untuk memperbaharui  data pada Siakad. Sevima juga berperan dalam pengembangan sistem manajemen di bidang Pendidikan khususnya Perguruan Tinggi / Universitas di Indonesia.

Ia juga menjelaskan salah satu keunggulan dari pembaharuan Siakad, seperti keamanan data yang baik dalam hal akademik dan administrasi berupa informasi penginputan pembayaran UKT.

“Jadi mahasiswa tidak perlu khawatir terhadap informasi dan data akademiknya,” ungkapnya.

Kendati demikan, banyak mahasiswa yang menginginkan agar proses migrasi data tersebut dapat segera diselesaikan terlebih mahasiswa yang ingin mengurus berkas seperti Kartu Hasil Studi (KHS).

Namun pihak kampus sendiri menghimbau agar mahasiswa untuk tidak mengakses Siakad terlebih dahulu selagi masih dalam proses pembaharuan dan migrasi data hingga dikeluarkan pengumuman selanjutnya.

Wahab juga menambahkan bahwa setelah proses tersebut selesai, mahasiswa akan diberikan pedoman mengenai tata cara penggunaan Siakad terbaru tersebut.

“Kami juga usulkan ke pihak UPT. PTIPD (Unit Pelaksana Teknis Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) untuk membuatkan pedoman penggunaan  Sevima dalam bentuk video pendek agar mahasiswa mengetahui tata cara penggunaannya,” katanya.

Terakhir Ia berharap dengan adanya pembaharuan Siakad  menjadi Sevima dapat lebih mempermudah akses layanan bagi Mahasiswa.

“Kiranya kedepan lebih baik serta efisien dalam pelayanan dan mempermudah mahasiswa seperti pembuatan KTM atau surat keterangan yang hanya mengirim NIM kemudian otomatis data mahasiswa akan keluar dan segera diselesaikan  tanpa perlu  menunggu lama seperti biasanya,” harapnya.



Wartawan : Fhyk,NL,Rny,Nin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.