Beranda Berita Tarif UKT Mahasiswa Baru IAIN Palu Alami Kenaikan?

Tarif UKT Mahasiswa Baru IAIN Palu Alami Kenaikan?

791
0

PALU, LPMQALAMUN.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu akan melakukan perubahan tarif pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Senin, (14/06/2021).

Perubahan skema pada tarif pembayaran UKT akan diberlakukan mulai tahun ini berdasarkan hasil rapat yang telah disepakati bersama oleh pihak Birokrasi IAIN Palu.

Wakil Rektor III, Idhan menyebutkan hal tersebut  bukanlah kenaikan melainkan perubahan tarif perangkatan sesuai dengan kebutuhan mendatang.

“Sebenarnya bukan kenaikan istilahnya. Kalau naik itu berarti angkatan kemarin, yang angkatan 2020 itu akan naik juga UKT-nya tapi ini kan tidak berubah. Yang mengalami perubahan itu untuk mereka mahasiswa baru,” tuturnya.

“Jadi beda UKT tahun kemarin dengan UKT yang akan datang. Ada sedikit perbedaan, walaupun ada juga yang tetap sama”, tambahnya.

Kepala Keuangan, Iqbal juga mengatakan bahwa perubahan ini dilakukan sebagai bentuk upaya dan strategi untuk menghadapi prediksi kebutuhan besar besaran yang akan diperlukan untuk 4 tahun kedepan.

“Jadi, adanya perbedaan UKT antara setiap semester tiap tahun itu juga dikarenakan kita memperhitungkan biaya-biaya selama 4 tahun kedepan tentu berbeda, kalau bahasa ekonomi inflasinya bakal naik sekian persen,”ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa perubahan UKT yang ada hanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru angkatan 2021 dan akan berlaku hingga mereka diwisuda.

“Ini hanya dikenakan kepada mahasiswa baru. Ketika tahun ini dia masuk, menghabiskan biaya seberapa banyak. Perkiraannya sampai empat tahun kedepan,” ungkapnya.

Terdapat 3 Prodi yang mengalami perubahan tarif UKT yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan prodi-prodi lainnya. Diantaranya adalah Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI), Perbankan Syariah (PSY), dan Ekonomi Syariah (ESY).

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan jumlah mahasiswa baru sekaligus untuk mengimbangi besarnya kebutuhan anggaran yang diperlukan pada 3 Prodi tersebut.

“Tiga prodi itu adalah prodi favorit, kita juga tidak ingin semuanya mahasiswa baru tertuju ke situ. Sehingga prodi-prodi kita yang lainnya, seperti prodi keislaman tidak sepi peminat. Makanya ada perbedaan. Di samping mungkin nanti kegiatan-kegiatan yang menyentuh di prodinya, yang mana banyak membutuhkan biaya,” jelasnya.

Terakhir Ia berharap agar kedepannya kampus IAIN Palu bisa terus maju dan berkembang, sehingga dapat melahirkan mahasiswa-mahasiswi yang berkualitas.

Wartawan : Syam, Shaf, Qafiya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.