Beranda Kolom Literasi Vaksinasi Beserta Pro & Kontranya

Vaksinasi Beserta Pro & Kontranya

280
0

Opini

Karya Andi Renaldi
Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara Islam/ semester II

Sejauh ini perkembangan Covid-19 di Indonesia masih saja terus bertambah, belum lagi kasus-kasus lain yang ikut memperkeruh permasalahan pelik di dalamnya. Belum juga selesai permasalahan yang satu malah muncul permasalahan baru. Yaa, Vaksin, beberapa waktu yang lalau muncul isu-isu tentang pencegahan Covid-19, dan yang terbilang baru adalah penggunaan vaksin itu sendiri.

Tentu saja di saat kemunculannya banyak pro dan kontra akan vaksin ini, apa lagi melihat kondisi dari masyarakat Indonesia yang seakan menganggap Covid ini hanyalah kebohongan pemerintah dan hanya di jadikan ladang bisnis. Dengan dalih untuk menekan perkembangan virus Covid-19, Alasan ini seakan di jadikan senjata agar masyarakat mau menggunakan vaksin, berbagai carapun di lakukan agar masyarakat semakin yakin.

Saya secara pribadi berpendapat, Orang-orang yang saat ini apatis terhadap vaksin bisa saja dipengaruhi oleh beragam faktor. Terlebih, vaksin COVID-19 ini sesuatu yang sangat baru. Namun itu tetap di kembalikan kepada pola pikir masing-masing individu, karena Setiap orang memang punya sudut pandang yang berbeda-beda. Ada yang memang langsung pro dengan langkah pencegahan dari pemerintah, ada juga yang kontra dengan berbagai alasan.

Secara psikologis, seseorang cenderung apatis terhadap sesuatu yang baru, apalagi bila sebelumnya punya pengalaman yang tidak menyenangkan.
Misalnya beberapa isu di media sosial mengabarkan info sana-sini yang mengatakan bahwa A menggunakan obat Covid-19 dan B juga menggunakan obat Covid-19. Namun setelah dicoba, ternyata tidak sembuh juga, malah menimbulkan penyakit yang lain. Mungkin inilah alasan mengapa saya pribadi malah ragu untuk ikut menggunakannya.

Terlebih yang menjadi sorotan pribadi saya sebagai seorang mahasiswa adalah muncul peraturan yang mengharuskan vaksinasi Covid-19 diprioritaskan kepada pelayan publik, termasuk diantaranya para pendidik dan tenaga kependidikan yang termasuk didalamnya mahasiswa. Sebagaimana apa yang di sampaikan Presiden tercinta kita bahwa pemberian vaksinasi ini, diharapkan menjadi salah satu bentuk kesiapan sekolah dan kampus bisa menggelar pembelajaran tatap muka secara bertahap pada Juli 2021. Iya kesiapan untuk bisa menggelar pembelajaran tatap muka. Luar biasa penguatan yang disampaikan bapak presiden.

Dengan adanya penyampaian presiden ini tentu saja para instansi pendidikan harus senantiasa menjalankan perintah. Dan belum lama ini muncul surat edaran tentang vaksinasi bagi seluruh mahasiswa. Apakah harus kami ikuti aturan ini? Apakah para pelajar dan mahasiswa harus menjadi prioritas utama pemerintah untuk di vaksin? Lalu bagaimana dengan masyarakat yang masih saja beraktivitas di tempat keramaian Seperti Mall, Pasar dan Hajatan. Apakah pemerintah sudah menyerahkan untuk memberikan penyuluhan vaksinasi? Oh mungkin alasannya ialah agar terhindar dari virus pada saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka berlangsung. Jadi pertanyaannya Kapan? Kapan? Kapan pembelajaran tatap muka ini dilaksanakan? Setelah semua mahasiswa di vaksin? Atau hanya sekedar alasan sementara pemerintah agar mahasiswa mau di vaksin? Setelah itu muncul lagi berita bahwa peningkatan Covid-19 semakin banyak, lalu dengan itu tidak jadi di adakan pembelajaran tatap muka.

Sudahlah kami sudah sedikit khatam tentang apa yang menjadi tujuan pemerintah. Harapan saya dan mungkin para pelajar mahasiswa se-Indonesia mungkin sama. Cukup sudah kalian para wakil rakyat berbohong, jika ingin kaya silahkan bekerja dengan semestinya jangan pakai uang rakyat untuk berbisnis. Belum lagi kasus korupsi Bansos terselesaikan dengan baik malah ingin menimbulkan keraguan di kalangan masyarakat tentang vaksin. Sekarang tinggal bagaimana kalian bisa menjalankan amanah rakyat dengan baik.

Jadi melalui tulisan ini saya berharap pemerintah sudah bisa mulai memikirkan solusi dari beberapa masalah yang tertuang didalam tulisan diatas, jikalau memang apa yang sementara dijalankan ini adalah solusi tolong berikan solusi yang terbaik, Jika memang vaksin adalah solusi untuk kasus Covid di negara ini coba yakinkan kembali rakyat yang masih ragu, yakinkan bahwa vaksinasi ini adalah satu solusi yang mampu menjadi upaya preventif maupun mitigasi untuk mencegah, memutus, ataupun paling tidak memperlambat proses transmisi dan penularan suatu penyakit, termasuk Covid-19.

Dan saya sebagai seorang mahasiswa mewakili suara-suara teman-teman pelajar yang lain berharap untuk pembelajaran tatap muka ini sesegera mungkin untuk di realisasikan karena keefektifan belajar tergantung juga pada metodenya, jika memang bisa cobalah pikirkan kembali apa solusi yang baik selain harus merumahkan semua aktivitas pembelajaran, jika seperti ini bukan hanya fisik yang terisolasi namun ruang pemikiran kami sebagai seorang pemikir dan pelajar juga ikut terpenjara. Selamat berbenah para wakil rakyat semoga permasalahan ini bisa teratasi dan rakyat juga bisa menikmati hasil dari kinerja kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.