Beranda Berita Gelar Seminar Hukum, Dema Fasya Bahas Pernikahan Dini

Gelar Seminar Hukum, Dema Fasya Bahas Pernikahan Dini

75
0

PALU, LPMQALAMUN.id – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah (DEMA-FAKSYA) menyelenggarakan seminar Hukum Wacana Pernikahan Dini. Selasa, (06/07/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dakwah Kampus IAIN Palu, dengan mengusung tema “Pernikahan Dini, Bagaimana Pandangan Hukum Islam, Positif dan Medis Dalam Pusaran Budaya Indonesia”.

Yusril Maulana selaku ketua DEMA-FAKSYA mengatakan bahwa alasan pengangkatan tema tersebut bertujuan untuk menyikapi akan bahaya dari tingginya angka perkawinan usia dini di Indonesia khususnya di tengah pandemi covid-19 saat ini.

“Data dari Komisi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) menyatakan bahwa ada 64.000 perkawinan dispensasi yang terjadi di Indonesia selama pandemi covid-19. Artinya perkawinan dini ini akan menyebabkan penurunan Indeks Pengembangan Manusia Indonesia (Human Development Index),” ungkapnya.

“Human Development Index sendiri mencatat bahwa Indonesia berada pada posisi 113 dari beberapa negara lainnya. Dengan 3 tolak ukur yaitu angka harapan hidup (kesehatan), angka buta huruf (pendidikan) dan juga kesejahteraan ekonomi (pendapatan perkapita),” tambahnya.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber pemateri dengan perspektif hukum yang berbeda yaitu :

  1. Pandangan hukum Islam oleh Prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag.,M.Ag selaku Wakil Rektor 1 IAIN Palu.
  2. Pandangan hukum Nasional oleh Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, S.H.,M.H selaku Hakim Pengadilan Tinggi Agama Daerah Sulawesi Tengah
  3. Pandangan Medis oleh dr. Muhammad Haidar Aly selaku Dokter Umum Rumah Sakit Al-Khairat sekaligus alumni Fakultas Kedokteran UNISA.

Terakhir Ia berharap agar kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran bagi seluruh peserta, sehingga bisa untuk saling mengingatkan tentang bahayanya perkawinan diusia dini.

“Tentunya agar semua peserta paham betul akan bahaya pernikahan diusia dini dan bisa mengedukasi peserta untuk menyampaikannya kepada sanak saudaranya yang masih dibawah umur untuk tidak melangsungkan pernikahan dini”, harapnya.

Wartawan : Syam, Shaf, Blurr, RK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.