Beranda Berita Alih Status, IAIN Palu Kini Resmi Menjadi UIN

Alih Status, IAIN Palu Kini Resmi Menjadi UIN

258
0

PALU, LPMQALAMUN.id — Surat Keputusan (SK) dari Presiden Republik Indonesia tentang peralihan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datokarama Palu menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu telah keluar. Rabu, (21/07/2021).

Seperti yang kita ketahui, UIN adalah puncak dari status Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia. Alih status itu dapat diterima melalui SK Presiden RI apabila PTKIN telah memenuhi  beberapa persyaratan yang ada. Adapun IAIN Palu saat ini telah menerima SK resmi peralihan status tersebut.

Abidin Djafar selaku Wakil Rektor I UIN Datokarama Palu menjelaskan bahwa SK tersebut langsung dari Presiden RI dan prosesnya melalui Kementrian Agama (Kemenag) yang berlaku sejak tanggal 12 Juli 2021 dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 61 tahun 2021.

“Kita belum tau siapa yang akan meresmikan, apakah Presiden mewakilkan kepada menteri atau tidak. Karena kita baru menerima SK,” tambahnya.

Menurutnya, alih status merupakan pengembangan lembaga yang harus dilakukan berdasarkan perintah dari Negara yang berawal dari STAIN hingga UIN.

“Secara kenegaraan semua perguruan tinggi itu diarahkan menuju puncak, untuk perguruan tinggi itu puncaknya Universitas dan ada persyaratannya.
Penerbangan lembaga itu berangkat dari STAIN tidak ada yang langsung Universitas. Jadi ini seperti tangga, ada yang cepat ada yang tidak, tergantung syarat-syaratnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Abidin juga menyinggung terkait perubahan logo IAIN menjadi UIN kedepannya melalui beberapa tahapan terlebih dahulu.

“Logo akan diresmikan apabila telah diatur dalam statuta dan statuta dapat dibuat apabila  telah terbit SK Organisasi Tata Kerja (Ortaker) ,” jelasnya.

“Nanti terbit Ortaker, baru kita buat statuta yang di dalamnya dibicarakan tentang logo untuk UIN, nantinya,” tambahnya.

Terakhir Abidin berharap agar kampus UIN Palu dapat lebih maju dari PTKIN lainnnya diwujudkan dengan berbagai program kegiatan bermutu seperti kejuaraan kejuaraan dalam lomba kemahasiswaan.

Sementara itu,Rusdin Andika salah satu mahasiswa UIN Palu juga turut memberikan tanggapan mengenai alih status kampus yang menurutnya sangat tiba-tiba.

“Saya dengan teman-teman ketua lembaga itu senang sebenarnya, hanya saja peralihan status ini begitu mendadak di telinga mahasiswa, tiada badai tiada topan tiba-tiba jadi UIN Datokarama Palu, tapi Alhamdulillah,”ungkapnya.

“Kami berharap dengan beralih status kampus ini menjadi dorongan agar fasilitas kampus juga terus dilengkapi. Dan juga Kami sebagai mahasiswa tentunya berharap yang terbaik, bukan cuman untuk kampusnya saja tapi untuk kami semua mahasiswanya ,”harapnya.

Wartawan: Sugar, Philos, Shaf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.